Hikmat Kurnia, Ahmad Doli & Yuddy Chrisnandi Bersaing Pimpin Ika Unpad

Kamis, 14 April 2016 - 21:16 WIB
Hikmat Kurnia, Ahmad Doli & Yuddy Chrisnandi Bersaing Pimpin Ika Unpad
Hikmat Kurnia, Ahmad Doli & Yuddy Chrisnandi Bersaing Pimpin Ika Unpad
A A A
BANDUNG - Suksesi kepemimpinan di Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) tinggal menghitung hari. Minggu 17 April 2016 mendatang, para alumni Unpad bakal berdatangan memberikan hak pilih mereka dalam pemilu di ajang Musyawarah Besar IX Ika Unpad di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Ada tiga kandidat yang bersaing untuk menduduki kursi ketua umum Ika Unpad menggantikan Ketua Umum saat ini, Sapta Nirwandar (Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata). Mereka adalah Hikmat Kurnia (CEO Agromedia Group, Fakultas Sastra/FIB angkatan 1986), Ahmad Doli Kurnia (Ketua DPP Partai Golkar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-1991), dan Yuddy Chrisnandi (Menpan RB, Fakultas Ekonomi Bisnis-1986).

Hikmat sebagai kandidat nomor urut 1 mengunggulkan tiga program kerja yaitu pembentukan career development center, klinik konsultasi dan inkubator bisnis, serta penguatan jaringan kerja dan usaha antar alumni.

“Perlu penguatan kelembagaan antarsesama alumni yang akan memudahkan meningkatkan kompetensi alumni dan optimalisasi sumber dana. Nantinya, akan terbentuk usaha-usaha yang memperkuat kemandirian finansial alumni,” ujarnya.

Kandidat nomor urut 2, Ahmad Doli Kurnia berpandangan, bahwa Ika Unpad harus jadi pelopor jejaring dan episentrum pengembangan bakat alumni muda. "Alumni senior nantinya akan memberikan bekal berupa pengembangan karir dan mentor kewirausahaan kepada para alumni junior," terangnya.

Sementara itu, kandidat nomor urut 3, Yuddy Chrisnandi menyiapkan sejumlah program unggulan seperti beasiswa, Ika Unpad Forum, Career Development Center, Ika Unpad Festival, dan Dana Abadi Ika Unpad. “Saya ingin meningkatkan jejaring alumni di tingkat nasional dan internasional,” jelasnya.

Ketua Panitia Mubes dan Reuni Akbar Ika Unpad Budi Cahyana mengungkapkan, ini adalah pertama kalinya pemilu Ika Unpad digelar di Kampus Jatinangor. Pemilu empat tahun lalu dan sebelumnya dilaksanakan di Kampus Jalan Dipatiukur, Kota Bandung.

“Ketua terpilih akan mewakili alumni Unpad untuk duduk sebagai anggota majelis wali amanah Unpad. Jadi ini sangat krusial karena sekarang peran alumni turut menentukan arah pengembangan Unpad," jelas Budi lewat rilis yang diterima Sindonews, Kamis (14/4/2016).

Alumni Unpad yang ingin memberikan hak pilih bisa mendaftarkan diri on the spot dengan menunjukkan KTP di meja registrasi untuk diverifikasi dengan data base kemudian mendapat kertas suara. Registrasi on the spot dibuka pukul 08.00-12.00 WIB.

Pencoblosan berakhir pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, registrasi pemilih dilaksanakan secara online melalui internet dan SMS namun sudah ditutup pada Kamis (14/4/2016).

Mubes dan reuni akbar Ika Unpad kali ini akan dimeriahkan pentas musik Unpad All Stars yang antara lain terdiri atas Noey, Fatur, dan Capung Java Jive; Magi /rif; Trisno Pas Band, Fabian, Wachdach Band, dan lainnya. Kegiatan lainnya adalah sarasehan nasional, job fair, dan bazaar.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0408 seconds (0.1#10.140)