Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia

Kamis, 03 September 2015 - 21:10 WIB
Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia
Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia
A A A
PURWOKERTO - Ketua MPR RI Dr Zulkifli Hasan, SE., MM mengunjungi kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Kepada mahasiswa Unsoed, Zulkifli memberikan kuliah umum mengenai tiga hal yang menjadi modal keberhasilan Indonesia di masa mendatang.

Tiga modal keberhasilan yang dimaksud adalah, ketatanegaraan, sumber daya manusia, dan pembangunan karakter.

Menurut Zulkifli, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan beranekaragam suku bangsa, pulau, dan kekayaan alam dan memiliki Pancasila sebagai pemersatu dengan landasan Bhineka Tunggal Ika.

Namun Zulkifli menyayangkan, "Sila ke empat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan hari ini sekedar ditafsirkan dengan suara terbanyak."

Padahal, lanjut Zulkifli, demokrasi Indonesia adalah permusyawaratan perwakilan yang berbeda dengan barat. “Banyak hal baik, namun ada banyak hal juga yang harus diperbaiki dalam sistem ketatanegaraan kita,” katanya dalam acara Dialog Kebangsaan ‘Menatap Indonesia Masa Depan’ di Gedung Roedhiro Unsoed, Kamis (3/9/2015).

Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia


Salah satu yang menjadi perhatian Ketua MPR tentang proses pemilihan Presiden, Gubernur, Bupati, maupun para wakil rakyat. Menurutnya, dalam pemilihan langsung seperti sekarang yang maju dalam kompetisi adalah yang punya modal.

"Kalaupun tidak (ada modal), maka ada investornya. Jika sudah jadi (terpilih), maka bukan lagi mengabdi pada kepentingan publik namun kepentingan pemodal. Karena merasa berutang budi,” jelasnya.

Zulkifli juga berbicara mengenai kekayaan alam yang seharusnya tidak menjadi penentu keberhasilan suatu bangsa. "Sejarah membuktikan, kekayaan alam tidak menjamin keberhasilan masa depan bangsa. Banyak contoh negara-negara di dunia yang tidak punya kekayaan alam justru maju dan sejahtera," tutur politikus PAN ini.

Oleh karena itu, yang harus dibangun adalah sumber daya manusia melalui pendidikan. Melalui pendidikan, Zulkifli Hasan yakin masa depan Indonesia akan cerah.

Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia


Namun ketatanegaraan yang baik dan sumber daya manusia yang berkualitas, belum cukup untuk membangun Indonesia masa depan. Zulkifli mensyaratkan satu modal lagi yang harus dimiliki, yakni karakter bangsa.

“Roh kebangsaan seperti yang dimiliki Jenderal Soedirman, kejujuran, ketulusan, dan semangat pantang menyerah adalah juga hal yang harus dimiliki bangsa ini untuk merebut masa depan,” ungkap mantan Menteri Kehutanan era Presiden SBY.

Memiliki karakter bangsa disepakati oleh Rektor Unsoed Dr. Ir Achmad Iqbal. "Karakter para pemimpin bangsa kita, perjuangan dan pengorbanannya telah mengantarkan bangsa ini merdeka,” ungkapnya.

Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia


Benang merah antara masa silam dan masa kini untuk modal menatap masa depan menurut Iqbal adalah generasi muda terdidik yang berkarakter. “Dengan anak-anak muda terdidik dan berkarakter, bangsa kita memiliki kesempatan untuk berdiri di atas kaki sendiri,” tegasnya.

Acara dialog berlangsung hangat dengan banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi. Beberapa catatan dari mahasiswa di antaranya adalah mengenai moral partai politik, tontonan di media masa yang kurang mendukung pembangunan karakter, dan tuntutan agar pembangunan lebih substantif menyentuh masyarakat bawah.

Zulkifli Hasan Bicara Soal Tiga Modal Indonesia
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3121 seconds (0.1#10.140)