Ajarkan Nilai-nilai Demokrasi, UBL Sosialisasikan Pilkada Serentak

Kamis, 27 Agustus 2015 - 16:18 WIB
Ajarkan Nilai-nilai Demokrasi, UBL Sosialisasikan Pilkada Serentak
Ajarkan Nilai-nilai Demokrasi, UBL Sosialisasikan Pilkada Serentak
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta menggelar sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2015, sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

"Karena semua peserta sosialisasi pemilih aktif yang telah berpengalaman dalam pemilu, maka materi yang diberikan lebih kepada pendidikan demokrasi masyarakat," kata Ketua Tim PKM Fisip UBL Arin Fitriani, Kamis (27/8/2105).

Materi simulasi yang disampaikan memiliki tiga poin penting, pertama kebebasan, persamaan, dan pengawasan setiap warga negara sebagai inti dalam demokrasi. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi demokrasi.

Pelaksanaan simulasi demokrasi dilakukan di Posyandu Anggrek 04, RT 06/09, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok. Dalam sosialisasi itu, peserta yang datang banyak berasal dari ibu rumah tangga.

"Simulasi ini menekankan adanya partisipasi aktif warga dalam mengkritisi pemimpinnya sesuai nilai-nilai demokrasi. Salah satu contoh dari demokrasi itu adalah dengan membentuk kelompok diskusi yang mengidentifikasi masalah," terangnya.

Dengan melakukan identifikasi masalah di lingkungan masing-masing, para ibu-ibu dan peserta sosialisasi ini diharapkan menjadi lebih peka dengan kebutuhan-kebutuhan mendesak yang harus diseledaikan di lingkungan masing-masing.

"Setelah diskusi selesai, mereka diminta untuk menuliskan hasil diskusinya itu. Masalah yang mengemuka dalam diskusi antara lain berkaitan dengan krisis air, pengelolaan sampah, dan keamanan lingkungan," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0226 seconds (0.1#10.140)