Inflasi di Bawah 1%, Menko Sofyan Sanjung TPID

Senin, 03 Agustus 2015 - 21:10 WIB
Inflasi di Bawah 1%, Menko Sofyan Sanjung TPID
Inflasi di Bawah 1%, Menko Sofyan Sanjung TPID
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil menyanjung kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), yang mampu memberikan dampak positif terhadap inflasi di Indonesia.

Dia mengatakan, inflasi Lebaran yang biasanya berada di kisaran 1% tidak terjadi. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan inflasi tidak sampai 1% atau berada di angka 0,93%.

"Walau idealnya inflasi yang terkontrol lebih rendah dari itu. Tapi puasa dan Lebaran ini kalau inflasinya 0,93% ya itu relatif oke. Ini indikator kerja tim inflasi daerah di TPID lebih efektif. Saya senang, karena mereka lebih sadar perlunya jaga inflasi," katanya di gedung Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (3/8/2015) (Baca: BPS Catat Inflasi Juli 0,93%)

Menurut Sofyan, inflasi yang cenderung terkontrol tersebut berkat TPID yang juga melihat arus barang, kelancaran barang, dan juga pemantauan pasar. Di samping itu, ada upaya pemerintah untuk operasi pasar sejumlah komoditas pangan, seperti bawang merah, cabai, dan beras.

"Makanya kemarin beras relatif bagus. Saya pikir apa yang dicapai tahun ini sudah bagus. Diharapkan akan lebih baik ke depannya. Inflasi dari tahun ke tahun masih terkontrol juga. Saya harap 4% plus minus 1% masih oke. Kan year on year (yoy) masih 7,29%. Mudah-mudahan inflasi sesuai sasaran," pungkasnya.

Baca juga:

Inflasi Rendah Peluang BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Tarif Angkutan Udara Penyebab Utama Inflasi Juli
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6707 seconds (0.1#10.140)