JK Tuding Jepang dan AS Dalang Rusaknya Hutan Indonesia

Senin, 27 April 2015 - 13:23 WIB
JK Tuding Jepang dan AS Dalang Rusaknya Hutan Indonesia
JK Tuding Jepang dan AS Dalang Rusaknya Hutan Indonesia
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuding Jepang dan Amerika Serikat (AS) sebagai dalang rusaknya hutan tropis di Indonesia. Perusahaan dari negeri adidaya tersebut yang menyebabkan banyaknya hutan gundul di Indonesia.

JK mengisahkan, 50 tahun lalu Indonesia memiliki hutan tropis yang sangat luas hingga mencapai 150 juta hektare (ha). Namun, kondisi tersebut berubah saat para penguasa tersebut menjamah hutan-hutan di Indonesia.

"‎50 tahun lalu kita punya hutan bagus 150 juta ha. Siapa yang hancurkan hutan kita? Kita tidak tahu cara menghancurkan hutan, sampai perusahaan dari AS, datang membawa catterpilar dengan menghancurkan hutan secara pembalakan," kata JK di Hotel Shangri-la, Jakarta, Senin (27/4/2015).

Selain itu, sambung dia, Jepang dan Korea turut andil dalam menghancurkan hutan Indonesia lebih banyak lagi‎. "Banyak orang mengakui itu, bangku dan jendela di negara Anda itu datang dari negara saya. Anda harus bayar semuanya," tegas JK.

Kata JK, Indonesia pun tidak perlu meminta maaf kepada Singapura dan Malaysia akibat kabut asap di Kalimantan yang turut mengasapi ke dua negara tersebut.

"Kita tidak perlu minta maaf karena 10-11 bulan mereka menikmati iklim yang bagus dari hutan kita dan tidak pernah ucapkan terima kasih kepada kita. Tapi dalam satu bulan asap, mereka marah kepada kita," tandasnya.(ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7431 seconds (0.1#10.140)