10 Makanan Barat Favorit Orang Indonesia

Kamis, 16 April 2015 - 09:14 WIB
10 Makanan Barat Favorit Orang Indonesia
10 Makanan Barat Favorit Orang Indonesia
A A A
Bosan dengan nasi dan lauk pauknya? Makanan Barat ini sering dijadikan alternatif untuk mengenyangkan perut. Rasanya yang lezat mampu menggugah selera siapapun.

Berikut 10 makanan Barat yang banyak difavoritkan masyarakat Indonesia versi jajak pendapat KORAN SINDO.

1. Pizza 27,8%

Makanan yang berasal dari Italia ini adalah sejenis roti bundar pipih yang dipanggang di oven. Diatasnya ditaburi aneka topping seperti potongan daging sapi, daging ayam, sosis, keju serta sayuran seperti paprika dan jamur. Kini, beragam inovasi bahan juga diciptakan sebagai toping pizza,seperti ikan tuna dan ayam. Jenis pizza pun juga beragam. Ada pizza yang memiliki ketebalan minim ada juga sebaliknya.

2. Burger 24,3%

Burger menjadi makanan barat kedua yang difavoritkan para responden jajak pendapat. Makanan ini termasuk makanan yang mudah pengolahannya sehingga banyak orang yang coba membuatnya di rumah. Berbagai variasi juga diciptakan. Burger kini tak hanya diolah dari daging sapi, tapi juga tempe serta daging ayam.

3. Steak 20,3%

Makanan lezat ini ditawarkan dengan harga yang bervariasi tergantung dari kualitas daging serta penyajiannya. Cara memasaknya pun beragam, mulai dari well done, medium serta rare, tergantung dari selera konsumen. Jenis-jenis daging juga bisa disesuaikan. Banyak orang yang menfavoritkan tenderloin karena lebih empuk daripada sirloin yang cenderung keras.

4. Spaghetti 14%

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta khas Italia. Anak –anak dan orang dewasa menyukai makanan ini karena rasanya yang lezat. Makanan ini terbuatdari campuran aneka bahan seperti terigu, telur air serta garam. Makanan ini lebih nikmat jika disantap dengan irisan keju dan saos tomat.

5. Sandwich 4%

Sandwich atau roti lapis biasa disantap sebagai menu sarapan. Variasinya bisa bermacam-macam. Tak hanya daging asap, banyak orang memasukkan telur sebagai lapisan dengan ditambah keju, irisan bawang bombay, tomat, timun, serta selada. Selain praktis dibuat,menu ini juga menyehatkan.

6. Macaroni 2,3%

Selain Spaghetti, Macaroni juga menjadi salah satu jenis pasta yang disukai banyak orang. Makanan ini bisa disajikan dalam berbagai olahan seperti macaroni schotel serta macaroni cheese. Di Indonesia,macaroni juga dijadikan sebagai pelengkap menu sop.

7. Pancake 1,5%

Pancake atau bisa disebut panekuk merupakan kue dadar yang terbuat dari terigu, telur, gula, dan susu. Agar mengoda selera, pancake bisa ditambahkan dengan cokelat, stoberi leleh serta keju diatasnya.Beberapa orang juga menambahkan es krim agar rasa pancake terasa lebih lezat.

8. Lasagna 1,3%

Lasagna atau lasagne adalah makanan khas Italia yang dipanggang di oven. Lasagna berbentuk lembaran tipis yang diberi isi dengan olahan daging cincang. Selain daging cincang bisa juga diisi dengan ayam, seafood ataupun sayuran

9. Hot Dog 0,5%

Hot Dog pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat. Di Indonesia, makanan ini juga sangat digemari. Hot dog bisa menjadi pilihan santapan orang di saat menginginkan variasi makanan lain selain Burger.

10. Rissoto 0,5%

Rissoto adalah hidangan nasi yang berasal dari Italia. Rissoto dimasak dalam kaldu sehingga mempunyai tekstur yang lembut dan creamy. Kombinasi daging giling dan jamur kancing menciptakan aroma tersendiri pada hidangan ini.

AKRAB DI LIDAH MANCANEGARA

Bukan hanya makanan Barat yang digemari orang Indonesia, beberapa makanan khas Indonesia juga tak asing di lidah masyarakat mancanegara, di antaranya:

Gado-Gado
Gado-gado di mata turis asing tampak seperti salad, berbagai potongan sayuran dengan bumbu kacang yang lezat. Salad Indonesia memang lebih kaya rasa daripada salad khas barat ternyata.

Nasi Goreng
Inilah hidangan nasional Indonesia. Saking merakyatnya nasi goreng, kamu bisa menemukannya dengan harga murah di pinggiran jalan atau harga mahal di hotel-hotel berbintang Bakso adalah makanan olahan daging yang bisa ditemukan setiap waktu di hampir seluruh pelosok Indonesia. Kuah kaldu ditambah kelezatan olahan daging berhasil membuat Presiden AS Barrack Obama selalu terngiang akan kelezatannya.

Rendang
Rendang telah lama terdengar sebagai makanan khas Indonesia yang paling terkenal dari Indonesia, namanya bahkan masuk kedalam daftar masakan yang terlezat sedunia. Mendengar gudeg pasti langsung berpikir kota istimewa, Yogya. Setiap turis asing yang datang ke Yogya selalu terlihat mampir untuk menikmati kelezatan Gudeg.

Sate
Sate di Indonesia memiliki cara penyajian dan pemberian bumbu yang berbeda tergantung dari daerah asalnya, tapi tetap memiliki ciri seragam secara nasional. Restoran Indonesia yang berada di tempat wisata Internasional seperti Bali dan luar negeri memiliki menu sate untuk disajikan kepada pelanggannya.

SERUPA TAPI TAK SAMA


Sejumlah makanan terkenal dari Barat sebenarnya memiliki kemiripan dengan sejumlah makanan khas Indonesia.

Karedok vs Salad
Karedok terdiri dari ketimun, toge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, teras. Sedangkan salad terdiri dari setidaknya satu jenissayuran mentah (lalapan) atau buah-buahan, dan umumnya menggunakan selada. Seringkali salad disajikan dengan mayonnaise dan saus tertentu.

Mie Ayam vs Spaghetti
Sebenarnya dua makanan ini berjenis sama. Yang membedakan hanya dari asal negara dan cara penyajiannya. Spaghetti adalah mie Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih. Begitu pun Mie Ayam, adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih.

Serabi vs Pancake

Serabi terbuat dari tepung beras yang dibakar di atas wadah bulat dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Sedangkan pancake adalah kue tipis datar yang dibuat dari adonan dan dimasak di atas wajan panas. Dengan berbagai topping atau filling termasuk selai, chocolate chips, buah, sirup atau daging.

Martabak vs Pizza
Martabak memiliki dua jenis yaitu telur dan manis. Terbuat dari campuran telur dan daging yang dimasak di atas wajan datar dengan api besar. Sedangkan pizza sejenis roti bundar dan pipih yang dipanggang di oven. Biasanya dilumuri saus tomat serta keju.

Rendang vs Steak
Rendang dimasak dalam susu kelapa, rempah-rempah, dan kadang-kadang kerisik (pasta panggang kelapa) selama beberapa jam sampai semua cairan hampir hilang, supaya daging dapat menyerap ke dalam bumbu. Steak biasanya dipanggang dengan potongan tegak lurus. Juga disajikan di atas hot plate, ditemani kentang, jagung, kacang polong, dan disiram kuah kecoklatan seperti dalam semur.

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Bobby Firmansyah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1225 seconds (0.1#10.140)