Ronaldo, Proyek Ambisius Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia?

Sabtu, 31 Desember 2022 - 06:11 WIB
loading...
Ronaldo, Proyek Ambisius Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia?
Ronaldo menandatangani kontrak selama dua setengah musim sebagai pemain Al-Nassr/Foto/Instagram
A A A
RIYADH - Bergabungnya Cristiano Ronaldo ke klub Arab Saudi Al-Nassr mengundang pertanyaan. Media Spanyol Marca menyebut penandantangan mantan bintang Real Madrid itu sebagai duta proyek ambisius Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Ronaldo menandatangani kontrak selama dua setengah musim sebagai pemain. Dia disebut-sebut dikontrak hingga 2030 sebagai duta Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.



Ronaldo mendapat bayaran 200 juta euro (Rp3,324 triliun) per tahun, dan menjadikannya pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.

Seperti dilaporkan Marca, negosiasi antara Ronaldo dengan klub Arab Saudi itu terjadi mulai November lalu di tengah Piala Dunia 2022. Semua berjalan mulus, dan presiden serta direktur olahraga klub Arab Saudi tersebut melakukan perjalanan ke Madrid, Spanyol, pada hari Rabu (28/12/2022) dan menyegel kesepakatan pada Jumat (30/12/20220 sore.

Ronaldo meninggalkan Eropa dan sepak bola elite dunia setelah 20 tahun berkiprah. Alasannya meninggalkan sepak bola Eropa yang kompetitif disebut-sebut masalah keuangan.

Cristiano Ronaldo akan menjadi duta citra Arab Saudi di luar negeri di negara yang berusaha untuk memainkan peran yang semakin penting dalam dunia olahraga.

Al-Nassr didirikan pada tahun 1955, dan bermarkas di Mrsool Park dengan dominasi warna kuning dan biru. Saat ini, Al-Nassr ditangani pelatih Prancis Rudi Garcia dan diperkuat sejumlah pemain Alvaro Gonzalez dari Spanyol dan kiper Kolombia David Ospina.

Al-Nassr adalah klub amatir hingga tahun 1960. Saat itu, Abdul Rahman bin Saud Al Saud menjadi ketua klub. Al-Nassr memasuki divisi kedua dan kemudian dipromosikan ke divisi pertama pada tahun 1963. Selama tahun 1970-an dan 1980-an, klub memenangkan empat gelar Liga Utama Arab Saudi, enam Piala Raja, tiga Piala Putra Mahkota, dan tiga Piala Federasi.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)