Profil Brigjen TNI Amrizar, Pati TNI AD yang Menjadi Pendiri Klub Catur BKD Tangerang

Jum'at, 25 November 2022 - 17:49 WIB
loading...
Profil Brigjen TNI Amrizar, Pati TNI AD yang Menjadi Pendiri Klub Catur BKD Tangerang
Brigadir Jenderal TNI Amrizar merupakan seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Foto DOK secapa
A A A
JAKARTA - Brigadir Jenderal TNI Amrizar merupakan seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Beberapa waktu yang lalu, namanya masuk dalam daftar 130 perwira TNI dari tiga matra yang dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Adapun kebijakan ini tertera pada Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada 4 November 2022.

Baca juga : Dimutasi Andika Perkasa, 34 Jenderal Tinggalkan TNI

Dalam keputusan tersebut, Brigjen TNI Amrizar yang sebelumnya menjabat Danmensis Secapaad beralih tugas menjadi Kapoksahli Pangdam Jaya. Lantas, siapakah sebenarnya sosok Amrizar ini?

Brigadir Jenderal TNI Amrizar merupakan Abituren Akademi Militer (Akmil) 1988 B. Melihat dari pangkatnya, dia adalah seorang Brigadir Jenderal TNI. Adapun pangkat Brigjen ini masuk dalam kategori perwira tinggi (pati) atau bisa disebut Jenderal bintang 1.

Pangkat tersebut satu tingkat di atas Kolonel dan satu tingkat di bawah Mayor Jenderal. Jika di matra lain, Brigjen ini setara dengan Laksamana Pertama di Angkatan Laut (AL) serta Marsekal Pertama di Angkatan Udara (AU).

Dikutip dari laman Secapaad, sebelum menjabat Kapoksahli Pangdam Jaya, Brigjen TNI Amrizar juga pernah menempati sejumlah posisi lain, termasuk Danmensis Secapa TNI AD.

Baca juga : Dimutasi Jenderal Andika Perkasa, 19 Pati Tinggalkan TNI

Jabatan tersebut didapatkannya melalui agenda Serah Terima Jabatan dan Tradisi Korps Raport Masuk serta Pindah Satuan di Gedung Sudirman Secapa TNI AD, (17/01/2022). Kala itu, prosesi langsung dipimpin Komandan Secapa TNI AD Mayjen TNI Ferry Zein.

Selain itu, Amrizar juga pernah menjabat Staf Ahli Pangdam XVIII/Kasuari Bidang Hukum dan Humaniter, Sesdislitbangad, Pa Sahli TK II Kasad Bidang Indag, hingga saat ini adalah Kapok Sahli Pangdam Jayakarta.

Mengutip informasi dari sebuah video di kanal Youtube ‘Deny Widya, CBC’ yang tayang pada 2 Agustus 2022, Brigjen TNI Amrizar diketahui sangat menyukai catur. Bahkan, dia menyebut telah bermain catur sejak kelas 5 SD.

Usut punya usut, hal ini terjadi karena saat itu Amrizar melihat orang tuanya bermain catur, sehingga dia mulai belajar dan bisa bermain. Pada akhirnya, dia mendirikan sebuah klub catur bernama Benteng Kelapa Dua (BKD) di Tangerang.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1870 seconds (10.101#12.26)