3 Tokoh yang Dianggap Cocok Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Rabu, 16 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
3 Tokoh yang Dianggap Cocok Dampingi Prabowo di Pilpres 2024
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada tiga nama yang dianggap cocok untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 . Hal itu disampaikan oleh Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa.

Sosok pertama, kata Herry, adalah Anies Baswedan. Herry menilai, mantan gubernur DKI Jakarta itu dapat memastikan suara dari kelompok kontra agar bergeser ke Prabowo Subianto.

"Dalam konteks politik, kepentingan itu yang utama bisa saja Anies. Karena ini justru memungkinkan Prabowo memastikan suara dari kelompok kontra," kata Herry saat dihubungi, Selasa 15 November 2022.

Prabowo, kata Herry, harus dapat memastikan suara dari kelompok kontra tidak bergeser ke oposisi. Untuk itu, dia menilai, Anies dapat menjadi solusi permasalahan suara tersebut.



"Sentimen kelompok kontra rezim terhadap kinerja (Presiden) Jokowi yang tidak memuaskan akan berdampak juga ke Prabowo," ucapnya.

Maka itu, kata dia, Prabowo harus memikirkal hal tersebut. Agar, sambungnya, suara yang mendukung Anies akan juga dapat menaikkan Prabowo.

"Karena pilihan Prabowo masuk pemerintah adalah memperbaiki dan menerapkan visinya, artinya jika hal ini justru kontraproduktif maka kemungkinan bergeser ke kelompok oposisi," sambungnya.

Kedua, kata dia, ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Herry menganggap Ganjar memiliki elektabilitas yang baik.

"Jika terjadi deadlock maka Ganjar lebih baik dari sisi elektabilitas dan performa panjang memimpin daerah," ucapnya.

Ketiga adalah Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa. Herry mengatakan, Khofifah yang didukung oleh segmen Nahdatul Ulama (NU) dapat menjaga elektoral Prabowo.

"Sedangkan Khofifah didukung oleh segmen NU, berasal dari tokoh representatif dan cukup baik dalam jaringan dan modal sosialnya," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)