alexametrics

10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat

loading...
10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat
Beberapa sekolah di dunia memberikan materi tes dengan level soal ujian super sulit. Standar serta tingkat kesulitan tinggi dari materi soal ujian tak jarang menjadi momok bagi siswa. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
DI MANA pun ujian sekolah digelar biasannya membuat siswa harus mempersiapkan diri dengan naik dan tak jarang selalu membuat stres para murid. Beberapa sekolah di dunia memberikan materi tes dengan level soal ujian super sulit. (Baca juga: Daftar Orang-orang Super Jenius Sepanjang Sejarah)

Standar serta tingkat kesulitan tinggi dari materi soal ujian tak jarang menjadi momok bagi siswa. Berikut ujian-ujian pendidikan paling bikin pusing di dunia. (Baca juga: Catat! Ini Modifikasi UTBK di Tengah Pandemi COVID-19)

1. The Master Sommelier Diploma Exam (Inggris)

10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat




The Master Sommelier Diploma Exam (Ujian Master Sommelier Diploma) merupakan salah satu ujian pendidikan terberat di dunia. Yang mengejutkan, ini adalah ujian bagi pembuat anggur.

Court of Master Sommeliers yang telah ada sejak 1977 mengawasi ujian ini. Untuk mengikuti tes ini seseorang harus terlebih dahulu memperoleh Court Sommelier Advanced Sommelier Certificate Advanced. (Baca juga:Dalam Hitungan Jam, Upah Pembicara Bisa Mencapai Miliaran Rupiah)



Materi tes berupa tes teori verbal dan sesi mencicipi rasa enam buah anggur dengan rasa berbeda dalam keadaan mata tertutup. Tes ini sangat sulit sehingga menurut data sejauh ini hanya 229 orang yang pernah lulus ujian.

2. The Chartered Account Exam (India)
halaman ke-1 dari 5
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak