Menag: 11.998 Madrasah Tak Punya Jaringan Listrik

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:00 WIB
loading...
Menag: 11.998 Madrasah Tak Punya Jaringan Listrik
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkap data yang cukup mengagetkan terkait dengan akses listrik dan internet di madrasah dan pesantren. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkap data yang cukup mengagetkan terkait dengan akses listrik dan internet di madrasah dan pesantren . Faktanya, masih ada 11.998 madrasah di Indonesia yang belum memiliki jaringan listrik dan 13.793 madrasah belum memiliki jaringan internet.

“Penguatan jaringan listrik dan internet. Kementerian Agama memiliki data madrasah yang tidak memiliki jaringan listrik ada 11.998 madrasah. Dan internet 13.793 madrasah,” ujar Menag Fachrul Razi dalam pemaparannya di Rapat Kerja (Raker) Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020). (Baca juga: Tangkal COVID-19 di Pesantren, Menag Berikan Akses e-Learning Gratis hingga Kuota Murah)

Fachrul menjelaskan, saat ini Kemenag sedang menjalani komunikasi untuk bisa melakukan kerja sama dengan kementerian/lembaga (K/L) terkait untuk mengatasi akses listrik dan internet ribuan madrasah itu, khusus nya di daerah 3T (terluar, terdepan, terpencil).

Bahkan, sambung dia, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin juga meminta agar Kemenag bersama K/L terkait segera menyelesaikan permasalahan ini. “Pada saat rapat dengan bapak wapres beliau juga kami laporkan tentang ini, beliau menggarisbawahi untuk segera diselesaikan bersama lembaga terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto mengapresiasi keterbukaan Kemenag mengenai data tersebut. Yandri mengaku kaget bahwa di usia 75 tahun Indonesia merdeka masih ada belasan ribu madrasah yang belum mendapatkan akses listrik di Indonesia.

Karena itu, lanjut dia, persoalan ini harus menjadi perhatian serius dari Kemenag dan juga Komisi VIII DPR agar bisa segera teratasi. (Baca juga: COVID-19 Bersifat Dinamis, Pakar Gugus Tugas: Jangan Lengah dan Tetap Waspada)

“Ini menjadi PR kita semua, harus betul-betul kita tangani dengan baik. Saya tadi kaget pak, melihat data ini hampir 12 ribu madrasah tidak punya listrik di 75 tahun kita merdeka. Ini keberpihakan dari kita semua harus kita wujudkan dalam bentuk anggaran pak,” jelas Yandri di kesempatan sama.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)