alexametrics

Tinjau UTBK di UI, Dirjen Dikti Kemendikbud: Utamakan Kesehatan

loading...
Tinjau UTBK di UI, Dirjen Dikti Kemendikbud: Utamakan Kesehatan
Dari kiri ke kanan: Kika: Prof. Dr. Budi Prasetyo Widyobroto Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D Prof. Dr. rer.nat. Rosari Saleh Dr. Gunawan, S.T., M.T Dr. Ir. Paristiyanti Nurwadini, M.P. Foto: R Ratna Purnama/SINDOnews
A+ A-
DEPOK - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nizam melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. Peninjauan tersebut dilakukan bersama dengan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto dan didampingi oleh Ketua Pusat UTBK UI/Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Rosari Saleh di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI. Turut hadir dalam peninjauan Paristiyanti Nurwadini (Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) dan Dr. Gunawan, (Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI).

Saat kunjungan tersebut, Dirjen Dikti dan rombongan meninjau pelaksanaan protokol kesehatan saat tes UTBK. Mulai dari proses pengukuran suhu sebelum masuk gedung maupun masuk ruang ujian, serta penerapan physical distancing di ruang laboratorium komputer.

Dikatakan Nizam, pelaksanaan UTBK hari pertama hingga saat ini berjalan lancar. Maka itu, dia mengapresiasi kerja sama panitia maupun peserta di dalam mematuhi protokol kesehatan saat tes UTBK. Di tengah pandemi Covid-19, pihaknya berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan bagi calon mahasiswa karena itu hak mereka untuk menempuh perguruan tinggi.

"Tentu dengan mengutamakan kesehatan para peserta serta panitia maupun pengantar. Setiap pusat panitia pelaksana UTBK juga telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 agar tes dapat berjalan lancar dan protokol kesehatan juga berjalan dengan baik," katanya, Senin 6 Juli 2020. (Baca juga: Pandemi Corona, Tingkat Kehadiran Peserta UTBK Tetap Tinggi)



Sementara itu Rosari Saleh menuturkan, kesehatan para calon mahasiswa serta panitia yang bertugas tentu menjadi prioritasnya. Pelaksanaan hari pertama dan kedua sejauh ini berjalan lancar. Protokol kesehatan dipatuhi dengan baik. Tingkat kehadiran peserta ujian mencapai di atas 95%.

"Kami berharap pelaksanaan UTBK dapat berjalan lancar hingga akhir gelombang kedua dan segenap pihak yang terlibat selalu dilimpahkan kesehatan. Kami juga meminta dukungan semua peserta dan para orang tua untuk bekerja sama meminimalisir risiko penyebaran Covid-19," kata Rosari.



Lebih lanjut dikatakan di tengah situasi darurat Covid-19 saat ini, sesuai dengan arahan LTMPT, UI menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk peserta, panitia ujian dan lingkungan pelaksanaan ujian. UI memastikan ruangan ujian telah memenuhi standar kesehatan, dengan melakukan pembersihan sebelum dan sesudah ujian dilaksanakan; melakukan disinfeksi filter AC; mengoptimalkan sirkulasi udara segar di dalam ruangan; menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh lokasi ujian.

"Penerapan protokol kesehatan bagi peserta dan panitia ialah melalui pengukuran suhu tubuh (<37,7°C), mencuci tangan, serta wajib menggunakan masker. Para peserta maupun panitia juga dianjurkan melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan. UI juga menyediakan tenaga medis (lengkap dengan ambulans), tim K3L UI (Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) dan Unit Reaksi Cepat selama pelaksanaan UTBK," tuturnya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak