Sandiaga Uno Ajak Pengusaha UMKM Berkolaborasi di Tengah Pandemi Corona

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:14 WIB
loading...
Sandiaga Uno Ajak Pengusaha UMKM Berkolaborasi di Tengah Pandemi Corona
Pengusaha nasional, Sandiaga Salahudin Uno. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) sangat berdampak terhadap keadaan mental dan juga keuangan. Di antaranya banyak karyawan yang dirumahkan dan pelaku usaha harus menutup bisnisnya. Kondisi yang tidak menentu saat ini tentunya sangat meresahkan.

(Baca juga: Modisnya Agnes Jennifer, Selebgram Tersangkut Kasus Nurhadi)

Untuk menjawab keresahan tersebut, Rumah Siap Kerja berkolaborasi dengan pengusaha nasional Sandiaga Salahudin Uno mengadakan talkshow bertajuk 'Be Healthy Mentally & Financially in The Time of Uncertainty'.

Talkshow yang sudah diadakan sebanyak lima sesi secara daring ini, turut menghadirkan Dayu Dara Permata, selaku CEO & Founder Pinhome dan juga Shierly, sebagai Financial Planner di Finansialku.com. (Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Program Pemulihan Ekonomi Berjalan Sangat Pelan)

Acara ini juga turut didukung BEM KM Universitas Tamansiswa Padang, BEM KM Universitas Negeri Padang, HMJ-IP FISIP Univeritas Andalas, HMI ISIP Universitas Andalas, Himpunan Mahasiswa Manajemen FE Universitas Andalas, Komunitas Muda Literat Indonesia, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, dan Komunitas Suduik Minang.

Dalam kesempatan ini, Sandi mengatakan, para pelaku usaha terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melakukan penyesuaian strategi bisnis dan manajemen keuangan menghadapi pandemi Corona ini. Selain itu, pelaku usaha juga harus bisa memodifikasi produk dengan melihat kebutuhan pelanggan pada masa pandemi saat ini.

"Pada masa pandemi sekarang, pelaku usaha harus adjusting their business model canvas. Jadi, dilihat lagi BMC-nya dan disesuaikan dengan kondisi saat ini," ucap Sandi. (Baca juga: Cerita Sandiaga Uno Memulai Rintis Usaha Imbas PHK)

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini mengajak para pelaku UMKM, untuk berkolaborasi dengan pengusaha UMKM lain untuk perkuat ekonomi nasional.

"Yang terpenting kita harus melakukan kolaborasi dengan pelaku UMKM lain untuk memperkuat, agar bisa mandiri di pasar negeri sendiri. Kemudian menyiapkan rencana pemulihan setelah bencana," jelas Sandi.

Sementara itu, CEO & Founder Pinhome Dayu Dara Permata, sebagai pengusaha dirinya mengaku sangat terdampak wabah Covid-19 dan sempat merasa takut dengan kondisi ini. Namun dirinya tetap memiliki keyakinan bahwa kondisi ini tidak akan bertahan selamanya. Selain itu, penting bagi seorang entrepreneur untuk memiliki mental entrepreneur di tengah pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)