UI Terapkan Protokol COVID-19 Ketat bagi Peserta UTBK 2020

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:49 WIB
loading...
UI Terapkan Protokol COVID-19 Ketat bagi Peserta UTBK 2020
Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ruangan di Universitas Indonesia (UI) Depok, Minggu (5/7/2020). FOTO/SINDOnews/R RATNA PURNAMA
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 hari ini digelar di Universitas Indonesia (UI) Depok. Ujian di tengah pandemi COVID-19 dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Ketua Pusat UTBK UI, Rosari Saleh mengatakan, pihaknya sudah menyusun protokol kesehatan sesuai arahan yang diberikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Pusat. Semua peserta wajib menggunakan masker, menjalani pengecekan suhu sebelum masuk ruangan, dan penyemprotan cairan disinfektan ke tangan peserta.

"Panitia telah menyusun ruang ujian dengan jarak minimal 1,5 meter antara satu peserta dengan peserta lainnya," kata Rosari yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Minggu (5/7/2020).( )

Sebagai penyelenggara dengan total peserta ujian 1.440 orang per hari, UI tidak main-main menegakan protokol kesehatan dan menambah beberapa syarat teknis pada peserta. Di antaranya dengan larangan pengantar menunggu selama ujian berlangsung dan hanya diperkenankan drop off untuk menghindari kerumunan.

"Panitia juga bersiap dengan masker, face shield dan sarung tangan. Panitia akan memeriksa suhu tubuh peserta dan menyemprotkan cairan disinfektan ke tangan peserta, sebelum mereka memasuki ruangan," katanya.

UI juga menyediakan kendaraan kesehatan (ambulance) yang disiagakan untuk mengantisipasi adanya peserta yang sakit agar bisa dilakukan pertolongan pertama dengan mengirim pasien ke Klinik Makara UI. Bila peserta yang jatuh sakit dan kemudian tidak dapat melanjutkan proses ujian, maka kami akan langsung melaporkannya kepada panitia LTMPT Pusat, agar peserta dapat memperoleh jadwal terbaru untuk melaksanakan UTBK di hari yang berbeda. ( )

"Semua hal sudah diantisipasi sesuai protap dari LTMP Pusat dan disimulasikan terus-menerus oleh Direktorat Penerimaan Mahasiswa Baru berkoordinasi dengan semua civitas yang terlibat termasuk koordinasi dengan Satpol PP Depok dan Kepolisian untuk memastikan penegakan protokol kesehatan," katanya.

Sebagai informasi, pelaksanaan UTBK di UI dilakukan di dua lokasi kampus berbeda yakni Salemba dan Depok. Total peserta ujian di Kampus Depok sebanyak 720 orang untuk setiap sesi. Mereka dibagi dalam 40 ruangan yang sudah disterilisasi sebelumnya. Sedangkan di Kampus Salemba, terdapat 380 peserta, di mana per sesinya terdiri atas 190 orang, yang mengisi 12 ruangan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)