Jelang Pemilu 2024, Airlangga Bersama Waketum MUI Sepakat Wujudkan Politik yang Teduh

Selasa, 11 Oktober 2022 - 20:24 WIB
loading...
Jelang Pemilu 2024, Airlangga Bersama Waketum MUI Sepakat Wujudkan Politik yang Teduh
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto bersama Waketum MUI KH Marsudi Syuhud. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koodinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartanto melakukan kunjungan ke Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Airlangga disambut Dewan Pimpinan MUI, Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud, Buya Anwar Abbas, Buya Basri Barmada dan Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan di Gedung MUI,. Pada pertemuan itu, Airlangga mengajak MUI untuk mengawal perekonomian, salah satunya dengan bekerja sama mengendalikan inflasi dan menjaga pesta politik berjalan lancar.

"Inflasi di Indonesia tercatat masih terjaga yaitu sebesar 5,9%. Meskipun sebelumnya meningkat saat menjelang Lebaran dan ketika kenaikan BBM beberapa waktu lalu. Akan tetapi, angka ini jauh lebih kecil dibandingakan dengan Amerika yang mencapai 9%," ungkap Airlangga.



Selain menghadapi dua persoalan di atas, Airlangga turut menjelaskan tahun politik yang sebentar lagi akan dihadapi Indonesia di 2023 harus dikawal dengan baik. Upaya ini untuk memastikan pesta politik berjalan dengan lancar tanpa mengganggu aktivitas perekonomian.



"Dalam menghadapi agenda politik nanti, kita butuh MUI yang teduh agar politik yang berlangsung juga tidak gaduh. Kita perlu persaingan yang kolaboratif bukan yang menimbulkan pertempuran," katanya.

Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud mengucapkan selamat atas kedatangannya dan diharapkan bisa menyelesaikan persoalan bangsa bersama.

“Bangsa ini tidak bisa diurus sendirian maka ketika beliau datang ke sini saya ucapkan marhaban ahlan wa sahlan, mudah-mudahan ini bisa jadi langkah awal untuk meng-handle sebuah bangsa yang sangat besar ini,” ucapnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Uchwah ini sepakat jelang tahun politik ini harus bersama-sama menyebarkan politik yang ramah yang teduh demi menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia

“Demi menjaga negara kita ini, yang bukan negara perang yang selalu mendahulukan musyawarah untuk mufakat, mari kita jaga agar di tahun politik jangan gaduh jangan rusuh dan kita harus tetap teduh,” katanya

Terkait ekonomi, Kiai Marsudi yang dikenal sebagai Kiai Ekonomi ini meminta pemerintah menguatkan UMKM agar bisa bersaing dengan usaha makro.

“UMKM ini kan dikelolah oleh pengusaha kecil dengan modal kecil tapi menjadi salah satu yang berkontribusi besar menjadi menyangga perekonomian Indonesia. Di sisi lain mereka adalah pengusaha yang rentan karena minim permodalan, minim produksi dan akses penjualan, ini pemerintah harus hadir,” ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)