Demokrat, PKS, dan Nasdem Masih Cari Titik Temu Koalisi Pilpres 2024

Rabu, 28 September 2022 - 09:32 WIB
loading...
Demokrat, PKS, dan Nasdem Masih Cari Titik Temu Koalisi Pilpres 2024
Partai Demokrat, PKS, dan Nasdem belum dapat memastikan kapan akan mendeklarasikan kerja sama untuk koalisi di Pilpres 2024 dan masih mencari titik temu. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat, PKS, dan Partai Nasdem belum dapat memastikan kapan mereka akan mendeklarasikan kerja sama untuk koalisi di Pilpres 2024. Pasalnya ketiga partai ini masih mencari kesamaan titik temu.

"Demokrat pun saat ini sedang intens untuk berkomunikasi dengan Nasdem maupun PKS. Mudah-mudahan semakin hari ke depan, ini komprehensif komunikasi ini akan mengerucut menjadi kepentingan," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Menurut Didik, tentu harapan Demokrat juga ingin secepatnya koalisi diumumkan, tetapi ada banyak yang harus diharmonisasi dan juga membangun sinergi.

Karena bukan hanya terkait siapa calonnya, tapi juga dasar perjuangan, energi dan juga semangat antar parpol.

Untuk itu kata Didik, Demokrat masih membangun komunikasi yang intensif dengan Nasdem dan PKS, juga memastikan bahwa tiga partai ini bisa menemukan sebuah kesamaan dalam membangun koalisi.

"Ketiga partai ini bisa menemukan sebuah kesamaan dalam membangun game, karena saya katakan tadi ini bukan sekedar menetapkan capres atau cawapres tapi game besar 2024 ini di dalam pencapresan ini juga berkaitan dengan kepentingan bangsa dan juga kepentingan rakyat," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan bahwa komunikasi dan hubungan baik antara PKS dengan Nasdem dan Demokrat terus dijaga dan dilanjutkan. Penjajakan akan terus dilakukan sampai bertemu pada satu titik yang jelas.

"Kita jaga hubungan, kita semua penjajakan ke setiap yang bisa kita lakukan sampai ketemu titik temu yang jelas," kata Aboe kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (28/9/2022).



Oleh karena itu menurut Aboe, komunikasi PKS dengan Nasdem dan Demokrat berjalan baik, begitu juga dengan Partai Golkar yang tidak putus, karena PKS masih menjajaki semua pihak.

"Biasa. Selama belum putus, kita masih bisa penjajakan ke semua pihak," terangnya.

Soal kesamaan apa yang belum terjadi, Aboe menjelaskan, semuanya sudah disampaikan dengan baik, tinggal bagaimana momentumnya nanti. "Semua sudah terbicarakan dengan baik. Tinggal kita lihat saja nanti pada momennya," ungkap Aboe.

Apakah koalisi akan diumumkan tahun ini, menurut Anggota Komisi III DPR ini, nanti pada waktunya akan diumumkan. Karena PKS masih santai soal koalisi ini. "Tunggu pada waktunya kalau PKS, santai saja," pungkas Aboe.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)