DKPP Dukung Usulan KPU Bangun Graha Pemilu

Rabu, 27 Agustus 2014 - 12:19 WIB
DKPP Dukung Usulan KPU Bangun Graha Pemilu
DKPP Dukung Usulan KPU Bangun Graha Pemilu
A A A
JAKARTA - Rencana KPU membangun kantor bersama, Graha Pemilu, mendapat dukungan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Menurut Komisioner DKPP Valina Singka Subekti, sejak dirinya menjabat KPU periode 2001-2007, kantor yang sekarang dipakai Husni Kamil Manik Cs dinilai tidak layak digunakan untuk kantor penyelenggara pemilu. Maka itu, menurutnya wajar KPU mengusulkan kantor bersama tersebut.

"Jadi saya berharap ada perkantorannya itu lebih layak. Sudah sejak dulu kami mengusulkan perlu gedung yang lebih layak," ujar Valina di Kantor DKPP, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Jika disetujui pemerintah dan DPR, rencananya Graha Pemilu tersebut bakal digunakan tiga lembaga sekaligus yakni KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan DKPP. Menurutnya, tiga lembaga kepemiluan tersebut perlu kantor bersama.

"Sebaiknya kalau ini dipermanenkan lembaganya bagus. Jadi satu gedung kalau memungkinkan," ungkapnya.

Seperti diketahui, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Senin 25 Agustus 2014 kemarin, KPU mengusulkan kepada anggota dewan agar dibangun Graha Pemilu. KPU mengusulkan agar permintaan Graha Pemilu dimasukkan dalam pagu anggaran pemilu tahun 2015.

"Graha Pemilu itu (anggarannya) Rp450 M (miliar), Rp200 M itu untuk pembelian tanahnya," ucap Komisioner KPU Arief Budiman di kantor KPU, Selasa 26 Agustus 2014.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8741 seconds (0.1#10.140)