Tren Positif Elektabilitas Partai Perindo Dipengaruhi Tiga Faktor Ini

Sabtu, 24 September 2022 - 23:03 WIB
loading...
Tren Positif Elektabilitas Partai Perindo Dipengaruhi Tiga Faktor Ini
Diskusi Diponegoro 29 Forum bertajuk Pemilu 2024 dan Dinamika Elektoral Partai Politik di Kantor DPP Partai Perindo, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). Foto/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry memaparkan setidaknya ada tiga faktor penting yang menyebabkan elektabilitas Partai Perindo ada di tren positif. Salah satunya, peduli kepada masyarakat.

Menurut Gema, faktor pertama adalah Partai Perindo secara konsisten melakukan aksi nyata mengatasi permasalahan yang ditemui masyarakat. Gema menyebutkan, berdasarkan variabel yang dilakukan oleh lembaga surveinya, masyarakat akan memilih parpol yang peduli atas masalah riil masyarakat.

"Itulah yang direspons oleh Perindo dengan memberikan segala bantuan, salah satunya yang paling sering kita dengar adalah simbolisasi tentang gerobak UMKM. Nah, itu adalah salah satu bentuk kepedulian dari Partai Perindo terhadap rakyat kecil," kata Gema dalam acara Diponegoro 29 Forum di Kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Perindo Kalsel Lakukan Konsolidasi untuk Gali Potensi Hadapi Pemilu 2024

Faktor kedua meningkatnya elektabilitas Partai Perindo tak lepas dari bergabungnya beberapa tokoh nasional. Diketahui, beberapa waktu yang lalu Partai Perindo melantik Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi sebagai Ketua Harian Nasional.

"TGB yang kita tahu dia adalah sebagai figur yang tidak hanya sebagai sosok religius tapi juga sebagai sosok nasionalis. Nah, ini semakin menegaskan bahwa Partai Perindo adalah partai yang inklusif atau partai yang terbuka," ujarnya.



Faktor ketiga adalah kemampuan Partai Perindo dalam memanfaatkan media sosial maupun media mainstream. "Tetapi, tingginya elektabilitas Partai Perindo ini juga diimbangi dengan semakin merosotnya suara partai-partai parlemen seperti PPP dan PAN. Kedua partai ini memiliki kisruh internal," pungkasnya.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1907 seconds (11.252#12.26)