Megawati Usul Nomor Urut Parpol Tak Diubah, Ini Kata Perludem

Senin, 19 September 2022 - 14:41 WIB
loading...
Megawati Usul Nomor Urut Parpol Tak Diubah, Ini Kata Perludem
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai, usulan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri tidak tepat. Hal ini terkait nomor urut partai politik (parpol) pada Pemilu sebelumnya tak diubah pada Pemilu 2024.

"Tidak tepat kalau itu diperdebatkan di tengah tahapan siklus Pemilu yang sedang berjalan," kata peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Fadli menjelaskan, tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan ini telah dibahas oleh masing-masing parpol yang ada di DPR bersama pemerintah dan penyelenggara Pemilu sebelumnya.



Diberitakan sebelumnya, Megawati Soekarnoputri mengatakan, dirinya pernah mengusulkan kepada Lembaga Penyelenggara Pemilu, KPU, agar nomor parpol peserta Pemilu di Pemilu lalu, tak diubah untuk Pemilu 2024 dan berikutnya.

"Sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomor itu, sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai. Kan secara teknis, itu harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak," jelas Megawati.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)