Perbaiki Kualitas Guru, Kemendikbud Lakukan Pendampingan

Selasa, 05 Agustus 2014 - 21:18 WIB
Perbaiki Kualitas Guru, Kemendikbud Lakukan Pendampingan
Perbaiki Kualitas Guru, Kemendikbud Lakukan Pendampingan
A A A
JAKARTA - Sebanyak 85.000 guru masih akan menjalani pelatihan kurikulum baru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun menargetkan pelatihan guru selesai Agustus.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, Kemendikbud sudah menyusun pendampingan agar kualitas guru bisa bagus. Yang pertama, ujarnya, ada pendampingan secara personal dimana pendampingnya adalah narasumber dan instruktur nasional.

"Langkah kedua, pemerintah menyiapkan klinik dan tempat konsultasi pembelajaran. Konsepnya akan disiapkan betul untuk guru yang kesulitan memahami materi kurikulum," ujarnya usai Halal Bihalal Kemendikbud di Gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, Selasa (5/8/2014).

Universitas Negeri Semarang (Unesa) dijadikan posko pelatihan karena mereka terbiasa memberikan pelatihan bagi guru. Selain itu, Kemendikbud bekerja sama dengan televisi lokal untuk adakan dialog interaktif agar guru bisa konsultasi langsung.

Sedangkan mengenai perkembangan percetakan, ujarnya, sampai saat ini sudah 264.618 e-book kurikulum yang diunduh dimana mayoritas pengunduh sekolah jenjang SD. Dia mengatakan, sudah ada komitmen dari percetakan untuk mengirim buku.

Mendikbud pun turun langsung dengan mengirim surat ke Kapolri Jenderal Polisi Sutarman supaya membantu kelancaran truk yang mendistribusikan buku kurikulum. "Memang sampai Lebaran belum selesai dikirim," jelasnya.

Diungkapkannya, ada kasus jual-beli buku kurikulum yang terjadi di Belitung. Dari hasil penyelidikan, buku pelajaran yang semestinya gratis itu dijual di toko buku.

Kemendikbud pun memantau dari penyedia mana toko itu mendapatkan buku. Dia menegaskan, jika penyedia mengirim buku ke toko untuk dijual dan bukan ke sekolah maka akan langsung mendapat tindakan tegas dari Kemendikbud.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6634 seconds (0.1#10.140)