Berdayakan Peran Pemuda, KNPI Teken MoU Bersama BNPT

Jum'at, 09 September 2022 - 21:31 WIB
loading...
A A A
"Nah kerja sama berbentuk pendidikan/pelatihan dengan BNPT ini juga sebagai bagian dari mencapai tujuan itu, bagi generasi muda. Kami telah memulainya pada Rabu pekan lalu dengan menggelar acara seminar nasional, kerja sama DPP KNPI Bidang Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Syarif Hidayatullah serta BNPT," jelasnya.

"Nah ke depan bersama BNPT, kami juga akan mengajak siswa, mahasiswa dan pemuda diberbagai tingkatan sebagai bagian dari deteksi dini isu radikalisme, intoleransi, terorisme, moderasi beragama, dan lainnya," sambung Ryano.

Hal senada disampaikan Muhammad Adnan Rara Sina, Ketua Bidang Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme DPP KNPI. Menurut Adnan, penandatanganan MoU antara DPP KNPI dan BNPT ini, fokus pada penguatan pendidikan dan pelatihan generasi muda.

"Rencananya digelar di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah dengan potensi berkembangnya radikalisme, intoleransi, terutama menjelang tahun politik 2024," tuturnya.

Kata Adnan, generasi muda harus sejak awal diberi informasi yang berimbang soal potensi radikalisme ditengah digitalisasi informasi media sosial. Namun menurutnya, pemuda harus berdaya secara ekonomi sehingga tak mudah diimingi-imingi oleh pihak tak bertanggung jawab.

"Ini tugas kita semua, dengan visi activistpreneur, yang disebut Ketum Ryano tadi akan ikut berperan membantu pemerintah dengan aksi nyata. Terkait teknis kerja sama KNPI dan BNPT, nantinya akan kami bahas lebih lanjut dengan unit teknis setelah MoU, dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS)," tutup Adnan.
(maf)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1658 seconds (10.177#12.26)