Intelijen Ekonomi Sangat Dibutuhkan

Sabtu, 21 Juni 2014 - 20:14 WIB
Intelijen Ekonomi Sangat Dibutuhkan
Intelijen Ekonomi Sangat Dibutuhkan
A A A
SOLO - Spektrum dan bentuk ancaman yang dihadapi saat ini dan masa mendatang luas, kompleks, dan beragam. Warna dan wajah ancaman pun berubah menjadi multinasional, sehingga upaya menjamin terselenggaranya pengamanan terhadap sasaran-sasaran strategis pembangunan bukanlah pekerjaan yang mudah.

"Keberhasilan kinerja intelijen saat ini dan ke depan banyak ditentukan oleh kompetensi dan profesionalitas intelijen dalam melakukan kegiatan penyelidikan, pengamanan, penggalangan, dan analisis," jelas mantan Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Mayjen (Purn) Syamsu Djalal saat berbicara di seminar bertema "Peran Intelijen Negara Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia" di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (21/6/2014).

Terus melemahnya pertumbuhan ekonomi dunia saat ini, lanjut Syamsu, memengaruhi permintaan produk ekspor dan investasi yang berdampak pada laju pertumbuhan nasional. Karena itu, selain dipengaruhi oleh perkembangan perekonomian global, intelijen juga perlu mewaspadai potensi ancaman krusial dalam negeri.

Pada kesempatan itu, Ketua STIE AUB Surakarta Anwar Hamdani mengemukakan bahwa tatanan perekonomian Indonesia memiliki kerawanan terhadap ancaman perang ekonomi. Sehingga, peran intelijen ekonomi menjadi sangat dibutuhkan dalam memberikan peringatan dan deteksi dini terhadap ancaman-ancaman yang mungkin terjadi.

"Mereka bisa menganalisa, mencari, dan mengumpulkan informasi, memandang suatu masalah ekonomi dari berbagai sudut pandang serta memberikan suatu warning," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)