10 kursi DPRD Kota Yogyakarta milik perempuan

Selasa, 13 Mei 2014 - 03:51 WIB
10 kursi DPRD Kota Yogyakarta milik perempuan
10 kursi DPRD Kota Yogyakarta milik perempuan
A A A
Sindonews.com - KPU Kota Yogyakarta sudah menyelesaikan rapat pleno terbuka perolehan kursi dan caleg terpilih anggota DPRD Kota Yogyakarta. Tak ada banyak kendala dalam rapat yang berlangsung di Balaikota Yogyakarta.

"Rapat berlangsung sesuai rencana, tidak ada kendala karena semua saksi perwakilan partai politik peserta pemilu menerima hasil perolehan kursi dan caleg terpilih," kata Ketua KPU Kota Yogya, Wawan Budiyanto, Senin (12/5/2014).

Wawan menyampaikan, ada 40 nama yang bakal menjadi anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2014-2019 mendatang. Dari jumlah itu,10 orang berjenis kelamin perempuan, sedangkan 30 lainnya laki-laki. "Keterwakilan perempuan 25 persen karena ada 10 kursi diduduki perempuan dari 40 kursi yang tersedia," ujarnya.

Ke-10 perempuan calon terpilih anggota DPRD Kota Yogyakarta itu berasal dari Gerindra (lima orang), Golkar (dua orang), dan PDIP, PAN, dan PPP masing-masing satu orang. "Gerindra yang terpilih semuanya dari perempuan," paparnya.

Wawan menyampaikan, tidak semua parpol peserta pemilu pada 9 April lalu mampu mendapatkan kursi legislatif. Ada empat parpol yang sama sekali tidak mendapatkan kursi, yakni PKB, Hanura, PBB, dan PKPI.

Sementara delapan parpol lainnya mampu merebut kursi legislatif. Partai NasDem dan Demokrat masing mendapatkan satu kursi. Lalu, empat kursi masing-masing diperoleh PKS dan PPP. Tiga partai yakni Golkar, Gerinda, dan PAN masing-masing mendapatkan lima kursi. Terakhir, kursi terbanyak diperoleh PDIP dengan jumlah 15 kursi. "Sudah komplet, total semuanya ada 40 kursi," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8613 seconds (0.1#10.140)