Profil Goliat Tabuni Pemimpin KKB Papua, Orang yang Paling Dicari TNI-Polri

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 03:37 WIB
loading...
Profil Goliat Tabuni Pemimpin KKB Papua, Orang yang Paling Dicari TNI-Polri
Goliat Tabuni merupakan Pemimpin KKB Papua, dan tokoh utama dari TPNPB, di Puncak Jaya, Papua, orang yang paling dicari TNI-Polri. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Profil Goliat Tabuni merupakan Pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua , dan tokoh utama dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), di Puncak Jaya, Papua. Goliat Tabuni adalah orang yang paling dicari TNI-Polri.

Konflik yang tak kunjung usai antara TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua memunculkan nama Goliat Tabuni . Dari penelusuran SINDOnews, Jumat (19/8/2022), Goliat Tabuni sempat dikabarkan menyerahkan diri.

Namun informasi ini salah, yang benar adalah anak buah Goliat Tabuni yang menyerahkan diri, Telangga Gire. Telangga Gire merupakan ajudan Goliat Tabuni menyerahkan diri berikrar kesetiaan kepada NKRI di Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (8/6/2019)

Penyerahan diri Telangga Gire dilakukan di hadapan Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo didampingi 25 anggota Kodim di Kampung Wurak, Distrik Illu, Kabupaten Puncak Jaya.

Telangga Gire menyerahkan diri bersama-sama dengan tiga orang rekannya, Piningga Gire (25), Tekiles Tabuni (30) dan Perengga (27). Mereka juga menyerahkan satu pucuk senjata api jenis Mosser dan sejumlah munisi cal. 7,62.

Baca juga: Ajudan Tokoh OPM Goliat Tabuni Menyerah

Sementara Goliat Tabuni sebelum mempunyai pasukan sendiri, merupakan anak buah dari Kelik Walik pada 2004, pimpinan KKB di Timika. Namun Kwalik tewas dalam penyergapan polisi pada 2009.

Dari kelompok Kelik Walik ini muncul beberapa kelompok salah satunya Goliat Tabuni dan kelompok Egianus Kogoya.



Pihak TNI-Polri sebenarnya tidak tinggal diam untuk menumpas kelompok Goliat Tabuni. Usaha yang pernah dilakukan pada Senin 16 Agustus 2021. Kala itu Satgas Pinang Sirih sudah mengincar Goliath Tabuni dengan menyerbu markas mereka di Kampung Welenggaru, Distrik Gome Utara, Kabupaten Puncak.

Baca juga: Serbu Markas KKB Goliat Tabuni di Puncak Papua, Satgas Pinang Sirih Temukan Senapan M16

Dalam penyerbuan ini, Satgas Pinang Sirih mendapati 3 orang diduga KKB, namun ketiganya berhasil kabur. Aparat hanya berhasil mengamankan 1 pucuk senjata api (senpi) laras panjang atau senapan jenis M16 di markas KKB tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4070 seconds (0.1#10.140)