Megawati Munculkan Sosok Ratu Kalinyamat, Pengamat: Kode PDIP Usung Puan Capres 2024

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 17:56 WIB
loading...
Megawati Munculkan Sosok Ratu Kalinyamat, Pengamat: Kode PDIP Usung Puan Capres 2024
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menjadi keynote speaker acara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di Geladak KRI Dewaruci, Kamis (11/8/2022). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyatakan dukungan agar Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. Menurut Megawati, jasa Ratu Kalinyamat sangat besar dalam membela Nusantara melawan penjajah.

Hal itu disampaikan Megawati saat menjadi keynote speaker acara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di Geladak KRI Dewaruci pada Kamis (11/8/2022).

Pengamat politik dan pendiri lembaga survei KedaiKopi, Hendri Satrio menilai pernyataan Megawati tentang Ratu Kalinyamat adalah sebuah sinyal nyata bahwa PDIP akan mengusung capres perempuan pada Pemilu 2024. Dalam hal ini adalah Puan Maharani.

Baca juga: Megawati Dukung Ratu Kalinyamat dan Dokter Soeharto Dijadikan Pahlawan Nasional

"Ini pinternya Ibu Megawati, Ratu Kalinyamat itu kan simbol dua hal penting," ujar Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio, menyampaikan analisanya kepada Wartawan, Jumat (12/8/2022).

Dua hal penting itu, jelas Hensat, pertama, Ratu Kalinyamat merupakan pemimpin perempuan. Dia adalah seorang ratu yang tertulis dalam sejarah telah menghasilkan raja-raja Mataram. Adapun yang kedua, lanjut Hensat, Ratu Kalinyamat merupakan tokoh perempuan dan simbol kepemimpinan dari kalangan perempuan pemberani.

"Dari dua sinyal ini, mestinya semua kader PDIP 'ngeh' (memahami). Ini kodenya Ibu Mega di Pilpres 2024 itu perempuan," ujarnya.

Dengan memahami kode dari Megawati yang mengusung semangat Ratu Kalinyamat, Hensat menilai semestinya kader PDIP solid pada satu nama, yakni Puan Maharani. "Mestinya enggak ada lagi perpecahan internal. Semua satu suara dorong Puan Maharani.Saya baca gitu sih," katanya.



Bagi Hensat, kepintaran Megawati mendukung Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional itu sangat luar biasa. Sebab dalam sejarah Jawa, Ratu Kalinyamat adalah tokoh besar. "Ratu Kalinyamat luar biasa, menghasilkan raja-raja Mataram. Kalau kita ke makam Kota Gede ada tuh silsilahnya (keturunan raja dari Ratu Kalinyamat)," kata Hensat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)