Selain 3 Ketua Umum, PAN Usulkan Ridwan Kamil dan Sejumlah Tokoh Jadi Capres KIB

Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:43 WIB
loading...
Selain 3 Ketua Umum, PAN Usulkan Ridwan Kamil dan Sejumlah Tokoh Jadi Capres KIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil termasuk salah satu yang diusulkan PAN Jawa Barat menjadi kandidat Capres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat mengusulkan beberapa nama untuk dicalonkan dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Gubernur Jabar Ridwan Kamil termasuk salah satu yang diusulkan untuk berkontestasi di pesta demorasi lima tahunan tersebut.

Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari mengatakan, sejumlah nama kandidat capres 2024 muncul dalam Musyawarah Daerah (Musda) 27 DPD PAN se-Jabar dan raker wilayah. Secara internal PAN mengusulkan Ketua Umum Zulkifli Hasan untuk maju dalam pilpres.

"Di samping itu, DPW PAN Jabar juga mengusulkan dari internal KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) saudaraku Airlangga Hartarto, Ketum Partai Golkar; dan saudaraku Suharso Monoarfa, Ketum PPP, sebagai calon pemimpin nasional," kata Desy dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).



Menurutnya, para ketum partai dari KIB memiliki peluang yang sama untuk dicalonkan dalam Pilpres 2024. Sebab, semuanya memiliki kemampuan untuk memimpin Indonesia menggantikan Presiden Joko Widodo. "Para ketum partai dari Koalisi Indonesia Bersatu memiliki peluang yang sama dan mumpuni untuk menjadi pemimpin bangsa," ujarnya.

Baca juga: Elektabilitas Prabowo di Jabar Ungguli Anies Baswedan dan Ridwan Kamil

Sementara dari luar KIB, PAN Jabar mengusulkan beberapa nama yang kerap masuk dalam bursa survei politik. Seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Tohir, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Disinggung mengenai Ridwan Kamil, Desy mengaku sudah tak meragukan lagi sosok pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung itu. Berbagai program pembangunan Ridwan Kamil di Jabar menjadi pertimbangan untuk diusung dalam pilpres mendatang.

"Tentu semua tahu beliau adalah Gubernur Jabar yang telah menunjukkan kapasitas untuk memimpin dan membangun, khususnya di Jabar," katanya.

Desy mengaku terus berkomunikasi dan konsolidasi dengan partai koalisi untuk melakukan berbagai langkah menuju pemilu 2024. Rencananya PAN Jabar akan menjadi tuan rumah pada acara silaturahmi nasional KIB untuk mematangkan persiapan pemilu mendatang.

"InsyaAllah, PAN akan menjadi tuan rumah pada acara silaturahim Nasional KIB mendatang yang sedang terus dibicarakan tentang apa dan bagaimana komunikasi, kolaborasi, dan konsolidasi para kader KIB di seluruh Indonesia," kata Desy.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5306 seconds (0.1#10.140)