HUT ke-10 Forum Pemred, Menko Airlangga Bicara tentang Pertumbuhan Ekonomi

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 19:25 WIB
loading...
HUT ke-10 Forum Pemred, Menko Airlangga Bicara tentang Pertumbuhan Ekonomi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara perayaan 10 tahun Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengurai pujiannya atas kerja sama dari berbagai elemen, sehingga Indonesia bisa ke luar dari krisis ekonomi akibat terjangan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Kunci dari keberhasilan tersebut adalah persatuan.

"Kerja sama kita luar biasa. Kita harus terus mengembangkan yang namanya Indonesia Sehat," ujar Airlangga Hartarto dalam acara perayaan 10 tahun Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Dalam paparannya, Airlangga Hartarto mengurai berbagai upaya dan langkah yang telah, sedang dan akan terus dilakukan pemerintah agar pembangunan tetap berjalan dan ekonomi tumbuh.

"Tidak mudah melakukan itu semua dalam situasi ketika dunia menghadapi the perfect storm. Konflik Rusia-Ukraina belum berakhir, sekarang sudah disusul lagi dengan ketegangan antara China dengan Taiwan," katanya.



Kendati demikian, Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyampaikan kabar gembira terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus tumbuh secara signifikan. "Tadi pagi diumumkan oleh BPS extra ordinary, 5,4 persen," ujarnya.

Airlangga menjabarkan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah di tengah krisis yang mendera, di mana salah satu prioritas utama pemerintah adalah bagaimana masyarakat tetap sehat.

Oleh karena itu, katanya, anggaran untuk kesehatan, perlindungan rakyat sangat tinggi. "Kesehatan menjadi penting. Kepala rumah tangga sakit, keluarganya bisa miskin," ujarnya.

Anggaran untuk kesehatan selama 3 tahun ini mencapai Rp1.700 triliun. Langkah-langkah lainnya, menjaga daya beli masyarakat, utamanya menghindari inflasi. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong subsidi energi.

"Pemerintah juga mendorong prinsip Government to Public atau GtP, misalnya melalui kartu prakerja," turut Airlangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)