alexametrics

Magna Charta untuk internet

loading...
Teknologi informasi dan jaringan informasi memengaruhi setiap aspek kehidupan. Proteksi aset digital dan aktivitas di ruang syber untuk kehidupan individual dan kesejahteraan masyarakat menjadi sangat penting. Risiko setiap hal harus dievaluasi dan teknologi pengamanan dunia syber harus terus ditingkatkan. Saat ini saling ketergantungan antara individu, organisasi, dan negara menjadi ciri model bisnis baru.

Kesuksesan individu, organisasi, dan negara membutuhkan kemampuan mengantisipasi dan mendeteksi serangan, mengerti dan memprediksi risiko, serta merespons dan memperbaiki keadaan. Pada masa depan diperlukan pengaturan, regulasi, kerja sama, keterampilan, dan perangkat (tools). Kesadaran untuk berbagi ilmu pengetahuan dengan dokumen yang terbuka secara online kini muncul di seluruh dunia.

Penghargaan pada siapa yang lebih dulu berbagi di internet dan penilaian para ilmuwan berbasis jumlah situasi terhadap tulisan yang dibuatnya adalah dasar baru bagi kemunculan sinar peradaban baru. Internet juga memberi kesempatan pada bangsa Indonesia sebagai warga dunia untuk muncul menjadikan Nusantara menjadi pusat peradaban seperti Sriwijaya dan Majapahit dulu. Dengan internet, kita memiliki kesempatan menjadi pusat tataran kekinian dengan kemunculan abad Asia.

Kesadaran tentang hak, kewajiban, moral, dan etika menitikberatkan pada nilai luhur dan karakter bangsa yang produktif. Sifat pekerja keras tak kenal lelah perlu memanfaatkan teknologi dengan bijaksana demi hidup masa kini dan generasi masa depan.

Mimpi mewujudkan cita-cita 100 tahun kemerdekaan Indonesia nanti untuk menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia dengan kehendak Allah akan dapat kita raih. Saatnya untuk mewujudkan visi Indonesia mandiri, maju, adil, dan makmur.

RIRI FITRI SARI
Guru Besar Teknik Elektro, Universitas Indonesia
(nfl)
halaman ke-2 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak