Apatis penyebab golput

Sabtu, 15 Maret 2014 - 13:41 WIB
Apatis penyebab golput
Apatis penyebab golput
A A A
Sindonews.com - Forum Peduli Masyarakat Sipil (FPMS) Sinjai, Sulawesi Selatan, memprediksi, jumlah pemilih yang tidak akan menyalurkan hak pilihnya atau golput pada pemilihan umum (pemilu) 9 April mendatang, akan meningkat.

Hal itu dikatakan Koordinator FPMS, Rahman. Menurutnya, selama ini masyarakat Sinjai cenderung apatis, karena semakin menurunnya kualitas calon anggota legislatif (caleg) yang akan bertarung di pemilu mendatang.

"Kami menurunkan tim yang bekerja sama dengan salah satu lembaga survei, di mana masyarakat khususnya di wilayah kota, cenderung apatis terhadap calon wakil rakyatnya," kata Rahman kepada Koran SINDO, Sabtu (15/3/2014).

Rahman Menjelaskan, berdasarkan hasil survei, 40 persen warga tidak mengenal siapa wakil rakyatnya di DPRD. Selain itu, ditemukan 70 persen warga yang mengharapkan pemberian atau semacam imbalan untuk memilih caleg tertentu.

Masyarakat, kata dia, tidak lagi menjadikan momen pemilu legislatif (pileg) sebagai pesta demokrasi yang sesungguhnya. Justru momen pileg dijadikan sebagai ajang pencarian uang. "Jadi kalau ada legislator yang terpilih dan tidak mampu menjalankan amanah rakyat, maka itu kesalahan rakyat sendiri," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3347 seconds (0.1#10.140)