Pendaftaran Parpol Pemilu 2024 Dimulai, Ini Dokumen yang Wajib Dibawa ke KPU

Senin, 01 Agustus 2022 - 07:15 WIB
loading...
Pendaftaran Parpol Pemilu 2024 Dimulai, Ini Dokumen yang Wajib Dibawa ke KPU
Ketua KPU Hasyim Asyari mengingatkan agar parpol membawa persyaratan lengkap saat mendaftar. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 sejak pagi hari ini, Senin (1/8/2022). Bagi parpol yang akan mendaftar, ada sejumlah dokumen atau berkas persyaratan yang wajib dilengkapi dan dibawa saat mendaftar di kantor KPU.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan setiap parpol yang hadir akan diperiksa kelengkapan berkas atau dokumen pendaftaran.

"Kalau dokumen persyaratan dinyatakan lengkap, maka kemudian KPU akan menerbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen persyaratan lengkap dan dinyatakan partai tersebut didaftar," kata Hasyim saat gladi bersih di kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (31/7/2022) malam.

Baca juga: KPU Buka Pendaftaran Parpol Besok, Begini Tata Caranya

Sebaliknya, jika dokumen atau berkas pendaftaran yang dibawa parpol tertentu tidak lengkap, KPU akan meminta agar segera dilengkapi sampai batas akhir pada 14 Agustus 2022 pukul 24.00 atau hari terakhir tahapan pendaftaran.

"Kalau misalkan sampai batas waktu akhir yang ditentukan ternyata partai politik tetap tidak menyerahkan atau tidak dapat melengkapi dokumen persyaratan, akan diterbitkan berita acara berupa pernyataan bahwa dokumen persyaratan tidak lengkap dan dinyatakan tidak dapat mendaftar," ujarnya.



Berikut dokumen pendaftaran yang wajib dilengkapi dan dibawa oleh setiap parpol pada saat mendaftar ke KPU di antaranya;

1. Surat Pendaftaran Partai Politik

2. Surat pernyataan dari Pimpinan Partai Politik tingkat pusat yang dibuat menggunakan formulir MODEL F-SURAT.PERNYATAAN-PARPOL yang ditandatangani oleh Pimpinan Partai Politik tingkat pusat dibubuhi cap Partai Politik dan meterai yang cukup,yang menyatakan bahwa;
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1973 seconds (11.252#12.26)