Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Dinilai Bukti Diplomasi Nyata

Jum'at, 01 Juli 2022 - 19:43 WIB
loading...
Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Dinilai Bukti Diplomasi Nyata
Presiden Jokowi (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menemui Presiden Ukraina Volodimyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin dinilai bukti diplomasi nyata dari Jokowi. Jokowi telah menemui Volodimyr Zelensky dan Vladimir Putin untuk misi perdamaian kedua negara tersebut.

"Upaya Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin Indonesia yang merupakan chair G20 tahun ini, adalah bentuk diplomasi nyata untuk mendorong perdamaian di Ukraina," kata Pengamat hubungan internasional Universitas Indonesia Fitriani, Jumat (1/7/2022).

Selain itu, kata dia, kunjungan tersebut sebagai upaya Presiden Jokowi menunjukkan ke negara-negara G7 bahwa Indonesia menanggapi serius serangan Rusia ke Ukraina. Indonesia sebagai pemimpin forum G20 berada dalam posisi strategis untuk mendamaikan Ukraina-Rusia.





Indonesia juga memiliki hubungan yang baik dengan Rusia dan Ukraina. "Ada ekspektasi yang besar di bahu Presiden Jokowi bahwa kunjungannya ke Ukraina dan Rusia sebagai juru damai dan dapat membuat perubahan berarti," tuturnya.

Sekadar diketahui, perang Rusia-Ukraina tidak hanya menghancurkan infrastruktur, tapi juga berdampak pada kenaikan harga komoditas, termasuk energi dan menimbulkan krisis pangan di berbagai negara. Hal tersebut menjadi pukulan keras ketika dunia berusaha keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai. "Rantai pasok pangan, pupuk, energi dapat segera diperbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia,” ujar Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2954 seconds (0.1#10.140)