Pengembangan profesi guru meliputi banyak hal

Rabu, 13 November 2013 - 23:01 WIB
Pengembangan profesi guru meliputi banyak hal
Pengembangan profesi guru meliputi banyak hal
A A A
Sindonews.com - Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) akan terus melakukan sosialisasi pada para guru matematika, mengenai kewajiban mereka melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Bahkan pihaknya berencana melakukan pelatihan penambahan kompetensi guru dengan mengundang guru inti kelompok kerja guru dari berbagai daerah.

"Melalui pelatihan tersebut diharapkan guru inti yang diundang mampu menularkan ilmunya pada guru lain di masing-masing kelompok kerja guru," kata staf Program PPPPTK Matematika Sumaryanto kepada wartawan, di Yogyakarta, Rabu (13/11/2013).

“Pelatihan guru inti ini kami lakukan karena alasan cukup banyaknya guru Matematika di Indonesia yang mencapai 1,3juta orang dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Kami juga menyasar para pengawas sekolah untuk membantu kami dalam melakukan sosialisasi sekaligus menstimulasi para guru untuk mau melaksanakan PKB,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPSDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Syawal Gultom menuturkan, pembinaan dan pengembangan guru meliputi pembinaan dan pengembangan profesi maupun karir.

"Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Semua hal tersebut dilakukan melalui jabatan fungsional. Sedangkan pembinaan dan pengembangan karir guru meliputi penugasan, kenaikan pangkat dan promosi," ungkapnya.

Menurutnya, PKB merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membina dan mengembangkan kualitas guru, selain melalui uji kompetensi awal sertifikasi dan uji kompetensi pra penilaian kinerja guru.

"Dan menindaklanjuti aturan Permen (Peraturan Menteri) PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), dibuatlah Permendikbud Nomor 57 tahun 2012 yang mengatur penilaian angka kredit kegiatan guru, penghargaan, kegiatan ekstra yang bisa dilakukan dan lainnya,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6234 seconds (0.1#10.140)