CPW siap dorong perubahan Polri

Selasa, 05 November 2013 - 04:41 WIB
CPW siap dorong perubahan Polri
CPW siap dorong perubahan Polri
A A A
Sindonews.com - Direktur Catur Prasetya Watch (CPW) Ilham Prasetyo Gultom mengungkapkan, kedatangan pihaknya ke Kompolnas dalam rangka mensosialisasikan keberadaan lembaganya. Dalam audiensi itu, Ilham menyerahkan draf sekaligus meminta kesediaan Edi Sahputra Hasibuan sebagai Ketua Dewan Penasihat CPW yang akan bermarkas di Kota Medan, Sumatera Utara.

“CPW adalah wadah mitra polisi untuk mengangkat dan mendorong agar kinerjanya lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Kami juga akan mengkritisi polisi jika kinerjanya buruk,” ujar Ilham yang mengaku telah melakukan survei dan kajian terhadap eksistensi Polri selama hampir empat bulan.

Dia menyampaikan, penelitan yang dilakukan pihaknya di salah satu linkungan Polda Sumut menyimpulkan beberapa resume di antaranya, perlunya penambahan polres untuk membantu pelayanan kepada masyarakat di beberapa daerah hasil pemekara.

Selain itu juga, kata Ilham sistem lelang jabatan bagi pejabat kepolisian perlu dipertimbangkan terutama menyangkut penempatan posisi yang layak di internal Polri.

Pihaknya mengusulkan agar ada reward dan punishment bagi aparat untuk mendongkark kinerja dan prestasi kepolisian. Mengenai manajemen anggaran, pihaknya juga mengusulkan agar dibangun dengan sistem top down seyogyianya bisa dialihkan menjadi sistem manajemen bottom up.

Mereka juga menyarankan agar kepolisian daerah meningkatkan peralatan berbasisteknologi mutakhir. Ini dimaksudkan untuk bisa mengimbangi dan menuntaskan masalah-masalah dan tindak kejahatan yang saat ini semakin beragam.

Sementara itu, Divisi Kajian dan Pengembangan CPW Muhammad Iqbal Asnawi menjelaskan, CPW telah berdiri sejak 3 Mei 2013. Lembaga ini akan diramaikan Komisioner Kompolnas Edi Sahputra Hasibuan sebagai Ketua Dewan Penasihat dan Anggota Hinca Panjaitan, Taufiq Bashari, Achmad Jauhari Damanik dan Muhammad Kahfi Siregar.

Kemudian para pengurusnya yakni Ilham Prasetyo Gultom (direktur), Muhammad Iqbal Asnawi (divisi Kajian dan Pengembangan), Muhammad Afrijal (divisi pengaduan dan advokasi), Indra Gunawan (divisi Informasi dan Publikasi) dan Ilham P Lubis (divisi administrasi kesekretariatan).

"Dalam waktu dekat, CPW akan di-launching ke publik yang dirangkai diskusi publik mengkaji seputar masalah sosial dan eksistensi Polri di Medan, pada Senin, 18 Nopember 2013," jelas Iqbal seusai bertemu dengan pihak Kompolnas di kantor Kompolnas, Jakarta, Senin, 4 November 2013.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8017 seconds (0.1#10.140)