BMKG: Polusi Udara di Ibu Kota Turun Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:12 WIB
loading...
BMKG: Polusi Udara di Ibu Kota Turun Selama Arus Mudik Lebaran 2022
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa arus mudik Lebaran 2022 menurunkan polusi udara di Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa arus mudik Lebaran 2022 menurunkan polusi udara di Jakarta . Hal ini diakibatkan terjadinya penurunan aktivitas yang cukup signifikan dikarenakan adanya cuti bersama yang mengakibatkan turunnya jumlah kendaraan bermotor.

BMKG sendiri melakukan pengamatan kualitas udara Jakarta pada periode cuti Lebaran yakni 24 April-9 Mei 2022 di tiga lokasi di Jakarta yakni Kemayoran-Jakarta Pusat, Gambir-Jakarta Pusat, dan Kebayoran Baru-Jakarta Selatan. Baca juga: Update! Penampakan Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Difoto dari Udara

Tercatat pada periode mudik tanggal 26-29 April 2022 terjadi penurunan konsentrasi PM 2.5 dari pengamatan di Kemayoran, Jakarta. “Penurunan ini diduga diakibatkan oleh aktivitas kendaraan bermotor yang bersamaan dengan cuti bersama. Selain itu faktor hujan juga memberikan penurunan terhadap konsentrasi PM 2.5 di Jakarta,” ujar BMKG dikutip dari laman media sosial resminya, Rabu (25/5/2022).

Selain faktor aktivitas manusia, BMKG mengatakan adanya faktor meteorologis seperti curah hujan memberi pengaruh terhadap penurunan konsentrasi PM2.5

BMKG pun mengungkapkan data di tiga lokasi pengamatan PM2.5 yaitu Kemayoran-Jakarta Pusat, Gambir-Jakarta Pusat, dan Kebayoran Baru-Jakarta Selatan menunjukkan nilai konsentrasi PM2.5 yang tinggi pada H-1 hari lebaran. Kemudian konsentrasi harian PM2.5 mengalami penurunan di hari H lebaran.

“Penurunan signifikan terjadi di H+1 Lebaran yang disertai dengan turunnya hujan sehingga dapat mengurangi konsentrasi dari PM2.5 baik di Kemayoran-Jakarta Pusat, Gambir Jakarta Pusat, dan Kebayoran Baru-Jakarta Selatan,” kata BMKG.



Sementara, dari ketiga lokasi pemantauan tersebut, data konsentrasi PM2.5 harian pada lokasi Gambir-Jakarta Pusat cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan 2 lokasi lainnya (Kemayoran-Jakarta Pusat dan Kebayoran Baru-Jakarta Selatan).

“Dan dari periode pemantauan kualitas udara selama mudik Lebaran, konsentrasi PM2.5 minimum terjadi pada tanggal 28-29 April 2022 di masing-masing ketiga lokasi,” kata BMKG. Baca juga: BMKG: Suhu Udara Terpanas Tercatat di Perak Utara Surabaya, Capai 36,4 Derajat Celsius

BMKG menambahkan pada lokasi Kemayoran dan Gambir (Jakarta Pusat), konsentrasi minimum terjadi pada tanggal 29 April 2022. Sedangkan pada lokasi Kebayoran Baru (Jakarta Selatan), konsentrasi minimum terjadi pada tanggal 28 April 2022.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1458 seconds (10.101#12.26)