Webinar Perindo Dorong Anak Muda Jadi Caleg, Mahasiswi: Tantangan bagi Partai Politik

Jum'at, 20 Mei 2022 - 17:17 WIB
loading...
Webinar Perindo Dorong Anak Muda Jadi Caleg, Mahasiswi: Tantangan bagi Partai Politik
Mahasiswi Sukma Nurjagat Khasanah mengatakan, salah satu partai politik yang memberi akses anak muda berpolitik adalah Partai Perindo dengan Konvensi Rakyatnya.  Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Merujuk data pemilu sebelumnya, dari total 575 anggota DPR hanya sekitar 4% atau 24 orang yang berusia kurang dari 30 tahun. Adapun pada Pemilu 2019, hanya ada 559 caleg berusia 20-30 tahun dari sekitar 7.900 caleg DPR.

Menanggapi hal itu, salah seorang mahasiswi yang juga tertarik dengan dunia politik Sukma Nurjagat Khasanah mengatakan, mulai terbukanya anak muda dalam dunia politik terkadang sulit dikembangkan oleh terbatasnya akses menuju Partai politik.

"Sepertinya anak muda saat ini sudah mulai tertarik dan ingin bergabung menjadi politisi maupun menjadi caleg itu sendiri. Tapi kembali lagi, aksesnya," ujar Sukma salah seorang pembicara di Webinar Partai Perindo, Jumat (20/5/2022).



Sukma menyebut, hanya ada beberapa partai politik yang mampu memberi akses dengan mudah dalam berpolitik. Salah satunya, Partai Perindo dengan Konvensi Rakyatnya. Sehingga, kata Sukma, hal ini penting dan harus menjadi tantangan bagi partai politik lain di Indonesia.

"Di sana mungkin tantangan untuk partai-partai politik untuk bagaimana bisa memberikan kepercayaan kepada pemuda bahwa mereka ingin ikut berpartisipasi. Dan meyakinkan bahwa generasi muda itu mampu berperan aktif di dunia politik," ucapnya.



Senada, Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkap, dengan adanya fakta tersebut, perlu adanya ruang yang besar untuk mewadahi anak muda.

"Jika kita lihat dari banyaknya generasi Z dan generasi milenial yang ada, saya pikir ruang-ruang ini yang harus ditempati oleh anak muda. Bilamana ada anak muda dia bisa berkiprah dengan banyak, maka ruang itu yang harus dibuka dengan lebar," ujar Ferry

Seperti diketahui, Partai Perindo telah meluncurkan Konvensi Rakyat berbasis digital pada 25 November 2021 lalu di Jakarta. Dengan wadah ini, proses perekrutan kandidat bacaleg dari Partai Perindo akan lebih transparan dan menghindari mekanisme proses rekrutmen konvensional yang selama ini diterapkan di kancah politik Tanah Air.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4131 seconds (0.1#10.140)