Ini Julukan Indonesia di Mata Dunia, Nomor Terakhir Sering Digaungkan Prabowo

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:12 WIB
loading...
Ini Julukan Indonesia di Mata Dunia, Nomor Terakhir Sering Digaungkan Prabowo
Julukan Indonesia di mata dunia cukup beragam. Masing-masing julukan memiliki makna yang berhubungan dengan kekayaan alam hingga budaya. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Julukan Indonesia di mata dunia cukup beragam. Masing-masing julukan memiliki makna yang berhubungan dengan kekayaan alam hingga budaya. Julukan tersebut tentunya menjadi kebanggaan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), julukan adalah nama yang diberikan sehubungan dengan keistimewaannya dan sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai gelar kehormatan. Julukan ini disematkan untuk mewakilkan ciri atau karakter yang dimiliki oleh seseorang, lembaga, atau wilayah.

Lalu apa saja julukan Indonesia di mata dunia? berikut ini di antaranya:

1. Negara Maritim
Dengan luas perairan sekitar 3.257.483 kilometer persegi atau lebih luas dari total daratan, Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Julukan ini merujuk pada negara yang dikelilingi laut atau perairan yang luas. Negara maritim adalah suatu negara yang memiliki area laut yang lebih luas daripada daratan sebagai bagian dari wilayahnya.

2. Negara Kepulauan
Selain memiliki wilayah perairan yang luas, Indonesia juga terdiri dari ribuan pulau. Setidaknya Indonesia memiliki 17.000 pulau. Itulah mengapa Indonesia juga dijuluki sebagai negara kepulauan, bahkan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

3. Zamrud Khatulistiwa
Julukan ini berasal dari dua kata yang digabungkan. Zamrud dan Khatulistiwa. Zamrud berarti batu permata berwarna hijau. Zamrud merujuk warna di peta dunia, di mana Indonesia memiliki warna sangat hijau. Warna ini sering digunakan untuk melambangkan vegetasi atau tumbuhan suatu wilayah. Seperti Zamrud, alam Indonesia sangat indah dan memukau.

Adapun kata khatulistiwa karena ada wilayah Indonesia yang dilintasi garis ekuator atau juga disebut garis khatulistiwa. Wilayah itu adalah Kota Pontianak. Atas dasar itu, maka Indonesia mendapatkan julukan Zamrud Khatulistiwa.

4. Paru-paru Dunia
Posisi geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat pohon-pohon tumbuh subur. Tak heran jika kemudian Indonesia salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia. Hutan ini menjadi sumber oksigen sehingga Indonesia dijuluki Paru-Paru Dunia.

5. Negeri Seribu Candi
Indonesia kaya sejarah budaya dan memiliki banyak peninggalan berupa candi. Salah satunya Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah terpilih sebagai satu di antara tujuh keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Wangsa Syailendra ini memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief yang memukau.

6. Nusantara
Julukan Indonesia di mata dunia selanjutnya adalah Nusantara yang dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit. Nusantara merupakan sebutan untuk seluruh wilayah Indonesia dari ujung Sumatera sampai Papua. Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dibangun di Kalimantan Timur juga dinamakan Nusantara.

7. Macan Asia
Pada masa pemerintahan mantan Presiden Soeharto, Indonesia sempat mendapat dijuluki sebagai Macan Asia. Saat itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat disegani oleh negara lain, khususnya di kawasan Asia Tenggara meliputi sektor pembangunan, ekonomi, olahraga, dan sebagainya. Julukan ini kerap digaungkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang ingin mengembalikan kejayaan Indonesia.

Demikianlah julukan Indonesia di mata dunia yang bisa diketahui. Cukup membanggakan bukan?
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)