Din: Seharusnya pemerintah lakukan rekonsiliasi sejak awal

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 12:17 WIB
Din: Seharusnya pemerintah lakukan rekonsiliasi sejak awal
Din: Seharusnya pemerintah lakukan rekonsiliasi sejak awal
A A A
Sindonews.com - Konflik antara warga Sunni-Syiah di Sampang, Madura, Jawa Timur terjadi semenjak Desember tahun 2011 yang lalu. Namun, hingga kini belum ditemukan jalan tengah untuk mendamaikan dua warga ini.

Menurut Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, seharusnya sejak pertama kali terjadi konflik tersebut, pemerintah pusat dengan pemerintah daerah langsung melakukan upaya rekonsiliasi.

Ia melanjutkan, seandainya pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan upaya rekonsiliasi sejak awal, konflik Sunni-Syiah di Sampang tidak akan berlarut-larut seperti sekarang ini.

"Seyogyanya, sejak pertama konflik terjadi itu pemerintah baik pusat maupun daerah mendorong rekonsiliasi. Seandainya itu dilakukan sejak dulu, saya kira konflik itu tidak akan berlarut-larut," ujar Din kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (10/8/2013).

Selain itu, pihaknya mengaku setuju upaya rekonsiliasi yang dilakukan saat ini.

"Itu mutlak perlu didorong rekonsiliasi antara kelompok-kelompok yang bertikai. Karena itu ajaran agama. Maka saya sangat hargai upaya, khususunya dari IAIN Sunan Ampel Surabaya untuk rekonsiliasi," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5768 seconds (0.1#10.140)