BMKG Deteksi Siklon Tropis Karim di Barat Daya Banten, Begini Dampaknya

Minggu, 08 Mei 2022 - 16:50 WIB
loading...
BMKG Deteksi Siklon Tropis Karim di Barat Daya Banten, Begini Dampaknya
BMKG mengingatkan potensi dampak tidak langsung siklon tropis Karim di barat daya Banten terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan. Foto/Twitter @BMKG
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mendeteksi Siklon Tropis Karim di Samudera Hindia barat daya Banten. BMKG pun mengingatkan potensi dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan.

“Siklon Tropis KARIM terpantau berada di Samudra Hindia barat daya Banten, tepatnya di 10.4°LS, 90.2°BT (sekitar 1510 km sebelah barat daya Kerinci), bertekanan 992 mb dengan kecepatan angin maksimum 40 knots dan bergerak ke arah selatan,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Minggu (8/5/2022).



BMKG memperkirakan intensitas Siklon Tropis Karim dalam 24 jam ke depan akan menguat dan bergerak ke arah selatan tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

Dampak Siklon Tropis Karim ini diantaranya hujan sedang hingga lebat di Kab. Kep. Mentawai (Sumatera Barat) dan Pulau Enggano (Bengkulu).

Sementara itu, potensi angin kencang akibat Siklon Tropis Karim ini juga berpotensi terjadi di Kab. Kep. Mentawai (Sumatera Barat) dan Pulau Enggano (Bengkulu).



Selain itu, BMKG mengingatkan potensi gelombang laut tinggi 1.25-2.5 m di Perairan timur Kep. Nias, Perairan Bengkulu dan Perairan selatan Jawa Barat - Jawa Timur.

Dan potensi gelombang laut tinggi 2.5-4.0 m di Perairan barat Kep. Mentawai, Perairan P. Enggano, Perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Kep. Nias hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten dan Samudra Hindia selatan Jawa.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)