Ganjar Pranowo Sowan ke Ulama Besar NU di Makassar

Minggu, 08 Mei 2022 - 16:19 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Sowan ke Ulama Besar NU di Makassar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke kediaman Ketua MUI Makassar sekaligus Rais Syuriah PCNU Makassar KH Anne Gurutta Haji (AGH) Baharuddin. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke kediaman Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar sekaligus Rais Syuriah PCNU Makassar KH Anne Gurutta Haji (AGH) Baharuddin. Silaturahmi tersebut dilakukan Ganjar sebelum meninggalkan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)

Pada kesempatan ini, Ganjar mengaku sudah lama ingin bertemu KH Baharuddin. Namun niatannya itu harus tertunda karena pandemi Covid-19 yang melanda. Ganjar menyebutkan, kunjungan ini hanya sekadar silaturahmi sekaligus bertukar cerita dan pengalaman saja. Ganjar pun tersanjung atas sambutan yang diberikan KH Baharuddin.

"Silaturahmi saja, sudah kita jadwalkan untuk berbincang banyak hal. Tapi karena waktunya ngga banyak, saya hanya silaturahmi. Ya untuk bangun komunikasi lah," kata Ganjar di Jalan Jend Yusuf, Kelurahan Patunuang, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/5/2022).


Kepada KH Baharuddin, Ganjar juga menyampaikan kerja sama Pemprov Jateng dengan para ulama yang sudah terjalin. Salah satunya program rumah tidak layak huni (RTLH) dan wajib zakat bagi kalangan ASN di Pemprov Jateng. Ganjar mengatakan, program Pemprov Jateng bersama para ulama ini membantu mengentaskan kemiskinan dan membantu masyarakat kurang mampu.



"Tentu saja peran para ulama seperti yang ada di sini saya kira sama. Saya ceritakan, bagaimana kita di Jawa Tengah juga selalu bekerja sama dengan MUI, dengan Baznas dengan berbagai aktivitasnya," ujar Ganjar.

Lebih lanjut, KH Baharuddin mengapresiasi Ganjar yang melibatkan para ulama dalam urusan pemerintahannya di Jawa Tengah. Bahkan, Ganjar juga sering kali meminta saran para ulama soal kepempinan hingga kebangsaan. Tak hanya itu, KH Baharuddin juga memuji program wajib zakat ASN di Jawa Tengah yang digagas Ganjar dan Baznas Jawa Tengah. Langkah itu pun diikuti oleh Baznas se-Indonesia.

"Iya sudah berjalan dengan baik, bahkan banyak daerah dari luar yang datang belajar ke Jawa Tengah. Maka kami memutuskan untuk Baznasnya jalan, kami sudah pilih siapa yang bisa. Jadi sudah terbentuk, berkesinambungan," tutur KH Baharuddin.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)