TNI AU Kerahkan Helikopter SAR Khusus Arus Mudik dan Balik Lebaran

Minggu, 08 Mei 2022 - 04:05 WIB
loading...
TNI AU Kerahkan Helikopter SAR Khusus Arus Mudik dan Balik Lebaran
TNI AU menyiagakan alutsista helikopter untuk melaksanakan SAR khusus, termasuk pemantauan dari udara pada jalur arus mudik dan balik. FOTO/TNI AU
A A A
JAKARTA - TNI AU menyiagakan alutsista helikopter untuk melaksanakan SAR khusus, termasuk pemantauan dari udara pada jalur arus mudik dan balik Lebaran 2022. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk.

"Sejak H-4 hingga H+4 Idulfitri, TNI AU menyiagakan sejumlah Helikopter untuk kegiatan SAR," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Sabtu (7/5/2022).

Indan mengatakan, Skadron Udara (Skadud) Helikopter yang disiagakan antara lain. Skadud 6 (NAS-332 Super Puma), Lanud Atang Sendjaya, Bogor, Skadud 7 (EC-120 Colibri) Lanud Suryadarma Subang, dan Skadud 8 (EC-725 Caracal) Lanud Atang Sendjaya Bogor. "Pesawat dan kru helikopter standby SAR di home base masing-masing," katanya.



Kadispenau menambahkan, untuk pantauan arus mudik dari udara, menggunakan helikopter Basarnas, yang diawaki oleh penerbang-penerbang TNI AU. "Mereka akan bergerak sesuai perintah pimpinan dan kondisi," ujar Indan.

Sebelumnya, pemerintah memprediksi arus balik Lebaran 2022, termasuk menuju Jakarta, diperkirakan terjadi pada akhir pekan ini. Masyarakat diperkirakan kembali setelah cuti bersama habis.

Mengantisipasi adanya penumpukan saat arus balik, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada masyarakat untuk kembali lebih cepat atau setelah tanggal tersebut. "Tanggal 7-8 (Mei) puncak mudik, hati-hati, hindari itu. Lakukanlah sebelumnya. Mudiklah lebih awal, besok atau lusa lakukan," kata Budi di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Puncak Arus Balik, Ruas Tol Cikampek Macet Parah Malam Hari
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)