Dibuka Hingga 19 Juli, Ujian Masuk SIMAK UI Digelar Secara Daring

Jum'at, 19 Juni 2020 - 18:26 WIB
loading...
Dibuka Hingga 19 Juli, Ujian Masuk SIMAK UI Digelar Secara Daring
Universitas Indonesia (UI) membuka kembali seleksi masuk calon mahasiswa baru melalui jalur SIMAK gelombang kedua 2020. Ujian penerimaan mahasiswa baru tersebut akan dilakukan secara daring (online). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) membuka kembali seleksi masuk calon mahasiswa baru melalui jalur SIMAK gelombang kedua. Ujian penerimaan mahasiswa baru tersebut akan dilakukan secara daring (online).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Rosari Saleh mengatakan peserta seleksi dapat mengikuti ujian dari lokasi masing-masing karena pertimbangan situasi pandemik Covid-19. ”Ujian online akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), dimana setiap peserta dapat mengikuti tes dengan bantuan perangkat seperti HP, Tab, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut,” kata Rosari, Jumat (19/6/2020).

Ujian SIMAK UI ini juga akan dibuka untuk peserta yang berada di luar negeri, dengan penyesuaian waktu. “Pihak panitia SIMAK UI akan melakukan pendataan dan komunikasi lebih lanjut kepada peserta yang memiliki perbedaan waktu kurang lebih dari 3 jam, sehingga dapat disediakan slot waktu bagi mereka,” ujarnya. (Baca juga: IJTech, Jurnal Internasional Fakultas Teknik UI Raih Ranking Q1)

Upaya untuk mengantisipasi potensi kecurangan dalam ujian online SIMAK UI, peserta ujian akan diawasi dengan sistem aplikasi pada gawai (gadget/device) milik para peserta selama ujian berlangsung. “Sistem pengelolaan potensi kecurangan yang dikembangkan, terus kami uji coba sehingga dapat menentukan spesifikasi minimum (minimum requirement) gawai yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengerjakan soal ujian. Setelah uji coba rampung, kami akan langsung menginformasikan spesifikasi di dalam gawai apakah yang diharapkan untuk disiapkan oleh masyarakat,” tukasnya.

Menanggapi soal keterbatasan jaringan yang tidak merata di seluruh daerah, Rosari Saleh menambahkan pelaksanaan ujian SIMAK UI Gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache, sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil. (Baca juga: UI Peringkat Teratas Kampus Paling Produktif Hasilkan Publikasi Ilmiah)

Jadwal pendaftaran SIMAK UI gelombang 2 pada 2020 ini akan dibuka mulai 19 Juni – 19 Juli 2020 untuk jenjang S-1 Reguler, S-1 Paralel, S-1 Ekstensi / Paralel Lulusan D-3, Vokasi (D-3), Profesi, Spesialis, S-2, dan S-3. Sedangkan untuk jenjang S-1 Kelas Internasional dibuka pada 12 Juni – 12 Juli 2020.

“Daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI Gelombang 2 pada 2020 sebanyak 2.744 untuk S-1 Reguler, 674 untuk S-1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D-3), dan 216 untuk S-1 Ekstensi/Paralel Lulusan D-3. Semua proses pendaftaran dan segala ketentuan dapat diakses melalui laman penerimaan.ui.ac.id nanti,” tutupnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)