BK DPR nilai Priyo tak konsisten

Selasa, 04 Juni 2013 - 17:18 WIB
BK DPR nilai Priyo tak konsisten
BK DPR nilai Priyo tak konsisten
A A A
Sindonews.com - Badan Kehormatan (BK) DPR RI masih akan mendalami terkait kunjungan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Sabtu 1 Juni 2013.

Anggota BK Trimedya Panjaitan mengatakan, Priyo tidak konsisten karena semula diungkapkan bahwa kunjungan ke lapas itu merupakan bagian dari inspeksi mendadak (sidak). Namun, keterangan terakhir kedatangannya itu untuk menjenguk rekan-rekannya khususnya dari Partai Golkar yang mendekam di lapas tersebut.

"Kita ikuti dulu perkembangan seminggu ini. Awalnya kan kita dengar Priyo datang ke lembaga pemasyarakatan sidak sebagai wakil bidang Polkam, bahwa kemudian dia (berganti alasan) membesuk kawan atau apa bisa dikategorikan inkonsisten," kata Trimedya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Trimedya juga menegaskan, hal ini penting dilakukan untuk mencari tahu apakah ada pelanggaran kode etik yang dilakukan politikus Partai Golkar itu dalam kunjungannya tersebut.

"Dalam konteks itu BK akan melihat perkembangannya, kalau melihat ada pelanggaran etik patut kita tanyakan, apalagi Pak Priyo mengatakan bahwa mengunjungi teman tetapi di luar jam besuk, ya kurang patut dong," tegasnya.

Sebelumnya, Priyo menegaskan jika tidak ada yang istimewa dari kunjungannya ke lapas Sukamiskin. Priyo juga menjelaskan bahwa pertemuan itu tidak pernah direncanakan. Namun, lebih karena memperingati hari kelahiran Pancasila yang jatuh pada hari itu.

"Saya melihat ini hari Pancasila. Saya tahu Bu Mega berpidato berkaca-kaca (di Tugu Proklamasi)," katanya.

Dia juga menekankan jika awalnya kunjungan itu untuk menengok politikus Partai Golkar yang mendekam di lapas tersebut. "Agak mendadak, saya pake baju seadanya, rencana saya nengok tokoh Golkar (yang) beberapa saat (lalu) jadi warga binaan di sana. Ketemu Syamsul Arifin, Jimmy Rimba, Fahd," tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0656 seconds (0.1#10.140)