Dibangun di Depok, UIII Diproyeksikan Jadi Trendsetter Riset Islam

Kamis, 18 Juni 2020 - 14:23 WIB
loading...
Dibangun di Depok, UIII Diproyeksikan Jadi Trendsetter Riset Islam
Denah pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Foto/dok Kemenag
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) diharapkan akan menjadi trendsetter akademik, riset dan budaya Islam.

Hal ini dikemukakan Wamenag saat meninjau proses pembangunan kampus yang terletak di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu 17 Juni 2020.

"Sebagai lembaga pendidikan yang bertaraf internasional, UIII diharapakan menjadi trendsetter akademik, riset, serta budaya Islam baik, di tingkat regional maupun internasional," kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi, Rabu 17 Juni 2020 dikutip dari situs kemenag.go.id.

“Sebagai pusat kebudayaan Muslim Indonesia, UIII akan menjadi etalase dan sekaligus jendela bagi Islam Indonesia ke dunia luar dan menjadi bagian terpenting dari soft diplomacy kita ke dunia luar,” tambah Wamanag.

Dia menambahkan, untuk dapat mewujudkan hal tersebut maka diperlukan dukungan seluruh pihak. "UIII berorientasi dan harus didukungan oleh pelbagai pihak baik pemerintah, masyarakat, dunia akademik dan riset secara keseluruhan," ujar Zainut. ( )

Menurut dia, UIII merupakan proyek strategis nasional untuk Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia yang memperjuangkan islam wasathiyah (moderat).

“UIII ini menjadi bukti kehadiran kita di tingkat internasional sebagai negara Muslim terbesar,” ujar Wamenag.

Oleh karena itu, lanjut Wamenag, UIII harus dijadikan sebagai ikon Islam Wasathiyah Indonesia yang bertaraf intenasional dalam bidang akademik, riset, serta professionalisme.

Ikut mendampingi Wamenag dalam kunjungannya, Direktur PTKIS Kemenag Arskal Salim, Rektor UIII Komaruddin Hidayat, beserta jajaran pimpinan dan kontraktor yang terlibat dalam proses pembangunan UIII.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)