Teknis kampanye serahkan saja pada parpol

Minggu, 26 Mei 2013 - 07:03 WIB
Teknis kampanye serahkan saja pada parpol
Teknis kampanye serahkan saja pada parpol
A A A
Sindonews.com - Pengaturan kampanye yang dilakukan oleh bakal calon legislatif (caleg) di tiap partai politik (parpol), diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing bakal caleg asal parpol.

Hal itu dikatakan pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti. Menurutnya, hanya yang patut diperhatikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), persoalan teknis dari kampanye tersebut, maunya seperti apa.

"Yang terpenting hanya pengaturan secara teknis saja. itu diserahkan kepada masing-masing parpol, mau kampanyenya seperti apa, itu dikembalikan kepada parpol," kata Direktur Lima Ray Rangkuti, saat dihubungi Sindonews, Sabtu (25/5/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu, biasanya dalam memasang atribut kampanye, Pemerintah Daerah (Pemda) punya regulasi masing-masing dalam mengatur oerihal kampanye ini. "Adanya kampanye atau iklan parpol, itu diserahkan kepada pemdanya masing-masing," pungkasnya.

Seperti diketahui, tiga artis yang maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) telah memasang iklan di sebuah media online. Tiga artis tersebut adalah Anang Hermansyah, Hengky Kurniawan dan Desy Ratnasari.

Mereka nampak menggunakan jas berwarna biru andalan PAN. Secara bergantian, wajah mereka terpampang di sebuah media online tersebut. Wajah Ketua Umum PAN Hatta Rajasa juga tampak ikut menghiasi, setelah wajah ketiga artis tersebut muncul di kolom yang sama.

Diawali dengan penampakan Desy Ratnasari, disertai dengan slogan, "Pelatihan keterampilan untuk memberdayakan wanita". Lalu disusul penampakan mantan suami Krisdayanti, Anang Hermasyah dengan slogan, "Bantuan kapal gratis untuk nelayan".

Tak mau kalah, Hengky Kurniawan juga muncul dengan slogan, "Mencetak ribuan pengusaha muda". Kemudian diakhiri pemunculan wajah Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

"Saatnya beraksi nyata untuk kebangkitan Indonesia," yang ditulis dalam huruf kapital. Tak lupa, di setiap kemunculan wajah mereka disertai tagline, "Pokoknya Aksi Nyata". Lalu ditutup dengan lambang PAN.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7989 seconds (0.1#10.140)