PAN Diisukan Masuk Kabinet, PDIP Tegaskan Syarat Khusus di Tangan Jokowi

Senin, 28 Maret 2022 - 05:31 WIB
loading...
PAN Diisukan Masuk Kabinet, PDIP Tegaskan Syarat Khusus di Tangan Jokowi
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional ( PAN ) dikabarkan mendapatkan jatah kursi menteri kabinet Pemerintahan Jokowi - Maruf Amin. Kabar itu mencuat setelah isu perombakan kabinet ( reshuffle ) muncul belakangan ini.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai pengusung utama Jokowi - Maruf ikut bersuara menanggapi isu PAN masuk ke dalam kabinet pemerintahan. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya juga melihat perspektif sejarah dalam berpolitik.

"Kita adalah negara gotong royong, 1912 Muhammadiyah dibangun, 1926 NU, 1927 Partai Nasional Indonesia didirikan oleh Bung Karno, sehingga kesadaran sejarah ini yang membuat kita bekerja sama dengan partai-partai yang memiliki keterkaitan dengan sejarah pendirian republik," kata Hasto Kristiyanto di Kawasan GBK, Jakarta, Minggu (27/3/2022).





Hasto melanjutkan, PAN diyakini sebagai partai yang memiliki basis pemilih dari kalangan Muhammadiyah. Kondisi sama juga dialami PKB dan PPP yang memiliki ceruk pemilih dari kalangan NU, sehingga realitas politik itu memungkinkan parpol koalisi pemerintahan bisa bekerja sama.

Namun demikian, Hasto memastikan bahwa PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi terkait masuknya PAN dalam kabinet. Ia juga memastikan partainya tidak memberikan syarat khusus bagi partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu jika nantinya bergabung ke kabinet.

"Ya itu (syarat khusus masuk kabinet) antara Presiden Jokowi dan Ketum PAN yang membahas hal tersebut," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)