Pilpres 2024, Elektabilitas Ridwan Kamil Gerus Dominasi Prabowo Subianto

Kamis, 17 Maret 2022 - 11:19 WIB
loading...
Pilpres 2024, Elektabilitas Ridwan Kamil Gerus Dominasi Prabowo Subianto
Hasil survei Charta Politika menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil naik sedangkan Prabowo menurun. Foto/ist
A A A
BANDUNG - Tingkat elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Barat mulai diimbangi Ridwan Kamil setelah sebelumnya kerap mendominasi survei terkait calon presiden (capres) 2024.

Kesimpulan ini didapat dari hasil sigi terbaru lembaga survei Charta Politika Indonesia bertajuk "Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Jawa Barat" yang dilakukan 3-9 Februari 2022 lalu.

Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, dalam simulasi 10 nama capres, Prabowo Subianto menjadi pilihan tertinggi di Jabar dengan elektabilitas mencapai 24 persen.



Menurutnya, elektabilitas capres 2024 di Jabar mulai menampakan dinamika baru. Jabar yang merupakan lumbung suara Prabowo di Pemilu 2014 dan 2019 kini mulai didekati Ridwan Kamil.

"Selanjutnya ada Ridwan Kamil yang merupakan Gubernur Jawa Barat dengan elektabilitas 20,9 persen. Disusul Anies Baswedan (18.0 persen) dan Ganjar Pranowo (12.0 persen)," kata Yunarto dalam keterangannya, Rabu (16/3/2022) malam.

Yuniarto melansir, naiknya elektabilitas Ridwan Kamil seiring dengan tingginya tingkat kepuasan warga pada kinerja Pemerintah Provinsi Jabar.

"Masyarakat Jawa Barat lebih puas dengan kinerja Pemerintah Provinsi di bandingkan dengan Pemerintah Pusat. Hal ini didasari oleh tingginya angka kepuasan terhadap pemerintah Provinsi Jawa Barat lebih dari 70 persen," paparnya.

Karena itu, menurut survei Charta Politika, jika Ridwan Kamil maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024, tingkat keterpilihan pria yang akrab disapa Kang Emil itu paling tinggi dibanding kandidat lain.

"Dalam Simulasi elektabilitas Pilkada Jawa Barat menempatkan Ridwan Kamil di posisi teratas dengan angka 44 persen jika pilkada dilaksanakan hari ini," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)