alexametrics

Profil Partai Gerindra

loading...
Profil Partai Gerindra
Partai Gerindra.
A+ A-
Partai Gerindra dengan inisiator Prabowo Subianto akhirnya, pada tanggal 6 Februari 2008 resmi berdiri dengan azas Pancasila. Saat ini, Sekretariat DPP tersebut beralamat di Jalan. Brawijaya IX No.1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160.

Suhardi, Ahmad Muzani, Fadli Zon, Muchdi PR merupakan beberapa tokoh yang ikut andil dalam mendirikan partai tersebut.

Segilima berwarna merah tua dengan gambar kepala burung garuda warna kuning di tengah, dipilih sebagai lambang. Saat ini partai tersebut dipimpin Suhardi sebagai Ketua Umum DPP dan Ahmad Muzani sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP.

Secara singkat berdirinya Partai Gerindra sendiri berawal dari kisah perjalanan antara Fadli Zon dengan Hashim Djojohadikusumo menuju Bandara Soekarno-Hatta pada November 2007. Ketika itu, keduanya membahas politik terkini, yang jauh dari nilai-nilai demokrasi sesungguhnya.

Gagasan pendirian partai pun kemudian diwacanakan di lingkaran orang-orang Hashim dan Prabowo. Rupanya, tidak semua setuju. Ada pula yang menolak, dengan alasan bila ingin ikut terlibat dalam proses politik sebaiknya ikut saja pada partai politik (parpol) yang ada. Kebetulan, Prabowo adalah anggota Dewan Penasihat Partai Golkar, sehingga bisa mencalonkan diri maju menjadi ketua umum.

Setelah perdebatan cukup panjang dan alot, akhirnya disepakati perlu ada partai baru yang benar-benar memiliki manifesto perjuangan demi kesejahteraan rakyat. Untuk mematangkan konsep partai, pada Desember 2007 di sebuah rumah yang menjadi markas IPS (Institute for Policy Studies) di Bendungan Hilir, berkumpulah sejumlah nama.

Selain Fadli Zon, hadir pula Ahmad Muzani, M. Asrian Mirza, Amran Nasution, Halida Hatta, Tanya Alwi dan Haris Bobihoe. Mereka membicarakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai yang akan dibentuk.

Nama, Gerindra sendiri muncul dari Hashim, sedangkan lambang kepala burung garuda digagas oleh Prabowo Subianto.

Dalam mengawal perjuangan partainya, mereka memiliki visi, misi dan manifesto sendiri, yaitu terwujudnya tatanan masyarakat indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945.

Selain itu, budaya bangsa dan wawasan kebangsaan harus menjadi modal utama untuk mengeratkan persatuan dan kesatuan. Sehingga perbedaan justru menjadi rahmat dan menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

Berikut kepengurusan pusat Partai Gerindra:

Ketua Dewan Pembina: Prabowo Subianto

Ketua Dewan Penasihat: Mayjend Haryadi Darmawan

Ketua Dewan Pakar: Burhanuddin Abdullah

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat: Prof RD IR Suhardi
halaman ke-1 dari 7
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak