EKOSIDA dan Pandemic COVID-19

Jum'at, 24 April 2020 - 05:31 WIB
loading...
EKOSIDA dan Pandemic COVID-19
Wakil Ketua Komnas HAM 2007-2012 M Ridha Saleh. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
M Ridha Saleh
Wakil Ketua Komnas HAM 2007-2012

PANDEMIC Corona Virus disease 2019 (COVID-19) ini hanya katuk dari krisis yang sebenarnya sudah tertanam begitu dalam didalam sistim ekonomi politik dunia - Termasuk Indonesia.

Krisis yang tertanam didalam sistim ekonomi politik tersebut terjadi karena ekspansi, penetrasi dan ekploitasi terhadap sumber-sumber kehidupan manusia dihampir semua sector kedidupan, tidak terkecuali dalam sistim pelayanan kesehatan saat ini.

Akibatnya terjadi jurang yaitu ketimpangan penguasaan, kesenjangan dan ketidak adilan yang akut dalam suatu sistim sosial ekonomi antar kelas masyarakat. itulah krisis kemanusiaan yang tertanam didalam sistim ekonomi politik negara saat ini.

Dominasi dan akumulasi modal yang terjadi pada sistem ekonomi politik antar negara di dunia dan antar kelas sosial didalam masyarakat sebenarnya merupakan kerentanan dan kerapuhan itu sendiri. Karena dominasi dan akumulasi modal yang terjadi didalam sistim kekuasaan adalah kapitalistik merupakan bentuk penghisapan.

Negara tidak dapat berfungsi secara maksimal sebagai pelindung rakyat, sebaliknya lebih banyak melayani dan memfasilitasi kepentingan korporasi kuat dan elitnya sendiri. Krisis pandemic COVID-19 contoh nyata dari ketidak sigapan negara dalam melindungi rakyat.

Ekspansi COVID-19

COVID 19 adalah patogen yang bekerja dengan brutal tidak mengenal suku, agama, ras, golongan, usia, kelas sosial, jenis kelamin bahkan negara maju mapun berkembang, jika lengah pasti akan terpapar.

Untuk melawan virus tersebut tidak boleh dengan cara serampangan, harus ditopang dengan tenaga serta fasilitas medik yang memadai, melalui suatu informasi dan penelitian ilmiah dan tehnologi, sosialisasi dan edukasi yang masif bahkan, dengan suatu rekayasa sosial, disiplin dan kesadaran diri terbaik dari semua pihak.

Penyebaran COVID-19 ke seluruh dunia diyakini bermula dari pasar basah di Wuhan, China yang menjual hewan hidup dan mati. Hanya terhitung beberapa minggu, COVID-19 membuat ekonomi dunia jungkir balik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)