Toraja bangun patung Yesus tertinggi di dunia

Senin, 03 Desember 2012 - 01:27 WIB
Toraja bangun patung Yesus tertinggi di dunia
Toraja bangun patung Yesus tertinggi di dunia
A A A
Sindonews.com - Rencana kawasan Buntu Burake menjadi kawasan wisata rohani di kabupaten Tana Toraja bakal segera terwujud. Pemkab Tana Toraja memastikan mengalokasikan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2013 untuk pembangunan patung Yesus Kristus berukuran raksasa di puncak Buntu (bukit) Burake.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menyatakan, pembangunan akses jalan menuju kawasan Buntu Burake sudah dimulai tahun 2012. Tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan patung Yesus Kristus berukuran raksasa. Untuk tahap pertama pembangunan Patung Yesus Kristus, pemkab Tana Toraja menggelontorkan dana APBD tahun 2013 sebesar Rp3 miliar.

Menurutnya, anggaran sebesar itu akan dimanfaatkan untuk membangun pondasi dan landasan tempat patung Yesus Kristus dibangun di puncak Buntu Burake. Dari hasil survei, kondisi tanah dan bebatuan yang ada di puncak Buntu Burake membutuhkan pekerjaan ekstra dan memakan waktu yang cukup lama. Karena letak patung berada di ketinggian, bangunan pondasi dan landasan harus kuat menahan beban patung yang sangat berat.

“Tahun depan, pembangunan patung Yesus Kristus berukuran raksasa tahap pertama akan mulai dikerjakan,” kata Theofilus, Minggu (2/12/2012).

Direncanakan, pembangunan patung Yesus Kristus di puncak Buntu Burake direncanakan akan berlangsung tiga tahap. Pada tahun ketiga diatas puncak Buntu Burake sudah berdiri patung Yesus Kristus yang akan menjadi maskot kota Makale. Patung Yesus Kristus tersebut nantinya akan lebih tinggi dibanding patung sejenis yang sudah ada di kota Menado, Timor Leste maupun yang ada di Rio de Janeiro, Brasil.

Di kawasan Buntu Burake dijadikan kawasan wisata rohani yang akan menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk berwisata ke Tana Toraja. Tidak jauh dari lokasi pembangunan patung Yesus Kristus juga akan dikembangkan menjadi tempat ziarah rohani, camp natal dan paskah serta ret-ret rohani. Kawasan wisata rohani di puncak Buntu Burake akan memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat baik dari segi iman maupun ekonomi.

“Mudah-mudahan, tiga tahun ke depan, patung Yesus Kristus sudah berdiri di puncak Buntu Burake dan menjadi kawasan wisata rohani di Tana Toraja,” optimistis Theofilus.

Ditambahkan Theofilus, alokasi dana Rp3 miliar tersebut belum termasuk lanjutan pembangunan akses jalan menuju puncak Buntu Burake. Akses jalan hingga ke puncak Buntu Burake sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kondisi jalan masih bersifat pengerasan sehingga akan ditingkatkan pada tahun depan,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2417 seconds (0.1#10.140)