Plus Minus Duet Anies Baswedan - Ridwan Kamil di Pilpres 2024

Minggu, 20 Februari 2022 - 06:33 WIB
loading...
Plus Minus Duet Anies Baswedan - Ridwan Kamil di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat di Rumah Makan Tahu Sumedang Palasari, Jumat 11 Juni 2021. Foto/Ist/Facebook @Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Aksi adu penalti antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu 16 Februari 2022 menyedot perhatian. Momen kebersamaan di JIS itu bukanlah kali pertama.

Sebelumnya, pertemuan keduanya terjadi, di antaranya salat subuh berjamaah di Masjid Raya Sumedang sekaligus sarapan di Rumah Makan Tahu Sumedang Palasari dalam satu meja pada Jumat 11 Juni 2021 hingga duduk bersebelahan di acara Zulhas Award yang digelar di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu 29 Januari 2022.

Kedekatan kedua kepala daerah itu pun memunculkan wacana duet Anies - RK di Pilpres 2024. Lalu, apa plus minus duet Anies - RK di Pilpres 2024?





Pengamat politik Tony Rosyid mengatakan bahwa Anies Baswedan dan Ridwan Kamil adalah dua gubernur yang bersahabat dan cukup dekat. Tony menambahkan, keduanya menjalin hubungan ketika sama-sama kuliah di Amerika.

“Terjun di dunia politik, dua tokoh berpendidikan Amerika ini punya nasib mujur. Keduanya terpilih jadi gubernur. 2017 Anies Baswedan terpilih jadi Gubernur DKI, dan 2018 Ridwan Kamil terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat,” kata Tony kepada SINDOnews, Sabtu (19/2/2022).

Dia menuturkan, meski partai utama pengusung Anies dan RK berbeda, namun tidak mengurangi persahabatan di antara keduanya. “Seandainya diberikan pilihan, Ridwan Kamil ingin mendampingi Anies maju di Pilpres 2022. Anies tentu akan menerima Ridwan Kamil sebagai partner di dalam pemerintahan,” katanya.



Dia menilai Anies dan RK saling tahu kualitas masing-masing dan bisa saling melengkapi. Dia mengungkapkan Anies berpendidikan ekonomi UGM dan S2 School of Public Policy University of Maryland, serta S3 political science di Northern Illionis University Chicago Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)